Search
Close this search box.
Jasa Pembuatan Website, SEO & Digital Marketing - Wiselyproject

Cara Mengatasi Mixed Content Error di WordPress

Mixed Content Error di Wordpress

Share This Post

Mixed Content Error di WordPress dapat terjadi ketika pengaturan HTTP dan SSL website Anda salah. Ini dapat memengaruhi fungsionalitas website Anda, tetapi biasanya ini bukan masalah besar. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara memperbaiki kesalahan konten campuran di WordPress.

Apa itu Mixed Content Error di WordPress?

Kesalahan Konten Campuran terjadi ketika website Anda memiliki konten HTML dan WordPress. Hal ini dapat menyebabkan masalah pada website Anda, karena WordPress tidak memahami HTML dan mungkin tidak dapat menampilkannya dengan baik atau bahkan memuatnya sama sekali.

Menurut kami, sebaiknya tambahkan HTTPS/SSL ke website WordPress Anda karena setelah Juli 2018, Google Chrome akan mulai melabeli semua website yang hanya menggunakan HTTP sebagai situs yang tidak aman.

SSL membantu menjaga website Anda tetap aman dengan melindungi informasi yang ditransfer antara website Anda dan browser pengunjung Anda. Google dan mesin pencari lainnya sering merekomendasikan penggunaan SSL di website Anda juga.

Perusahaan hosting WordPress sekarang semuanya menawarkan SSL gratis, yang membantu menjaga keamanan informasi Anda. Jika perusahaan hosting Anda tidak menawarkan layanan ini, Anda bisa mendapatkan SSL gratis dengan menggunakan Let’s Encrypt.

SSL (Secure Sockets Layer) adalah fitur keamanan yang membantu melindungi website dari akses tidak sah. Saat SSL diaktifkan, Anda akan melihat ikon gembok hijau di samping URL website di bilah alamat browser.

Di sisi lain jika pengaturan HTTPs/SSL Anda tidak diatur dengan benar, Anda akan melihat tanda info atau ikon gembok rusak di bilah alamat.

Tidak sepenuhnya aman karena konten campuran Ini menunjukkan bahwa meskipun website Anda menggunakan sertifikat SSL, beberapa konten di website Anda masih ditayangkan dari url non HTTPS.

Anda dapat mengetahui konten mana yang disajikan melalui protokol tidak aman dengan menggunakan alat Inspeksi. Kesalahan konten campuran akan ditampilkan sebagai peringatan di konsol dengan detail untuk setiap item konten campuran.

Konten campuran ditampilkan di alat pengembang Jika hanya satu item yang dapat Anda perbaiki secara manual, maka Anda dapat melanjutkan dan memperbaikinya dengan mengedit posting, halaman, atau file tema di tempat kemunculannya.

Namun, dalam kebanyakan kasus, item ini ditambahkan secara dinamis oleh WordPress atau disimpan di database Anda. Dalam hal ini, akan sulit untuk mendeteksi semuanya dan memperbaikinya secara manual.

Karena itu, mari kita lihat cara mudah memperbaiki kesalahan konten campuran di WordPress.

Cara Memperbaiki di WordPress

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin SSL Insecure Content Fixer. Untuk detail lebih lanjut, lihat panduan langkah demi langkah kami tentang cara memasang plugin WordPress.

Baca Juga: Cara Install Plugin WordPress

Setelah aktivasi, Anda perlu mengunjungi halaman Pengaturan » SSL Insecure Content untuk mengonfigurasi pengaturan plugin.

Plugin ini memberikan tingkat perbaikan yang berbeda untuk kesalahan konten campuran. Kami akan menjelaskan masing-masing dari mereka, apa yang mereka lakukan, dan mana yang terbaik untuk Anda.

1. Sederhana

Ini adalah metode tercepat dan direkomendasikan untuk semua pengguna pemula. Ini secara otomatis memperbaiki kesalahan konten campuran di WordPress untuk skrip, stylesheet, dan gambar perpustakaan media WordPress.

2. Konten

Jika metode sederhana tidak memperbaiki kesalahan konten campuran di website Anda, maka Anda harus mencoba metode ini. Ini akan menggunakan semua fitur sederhana, selain memeriksa perbaikan di dalam konten WordPress dan widget teks.

3. Widget

Ini termasuk semua perbaikan yang diterapkan di tingkat konten ditambah perbaikan tambahan untuk sumber daya yang dimuat di semua widget WordPress di website Anda.

4. Tangkap

Metode ini menangkap semua yang ada di setiap halaman situs web Anda dari header hingga footer dan mengganti semua URL dengan HTTP. Ini lebih lambat dan akan memengaruhi kinerja website Anda.

5. Tangkap semua

Ketika semua level di atas gagal, maka Anda dapat mencoba metode ini. Itu mencoba untuk memperbaiki segala sesuatu yang dapat mengakibatkan beberapa perilaku tak terduga di website Anda. Ini juga akan memiliki dampak paling negatif pada kinerja.

Setelah memilih tingkat perbaikan konten, Anda perlu scroll ke bawah ke bagian deteksi HTTPS. Di sinilah Anda dapat memilih cara mendeteksi konten HTTP di website Anda.

Opsi default adalah menggunakan fungsi WordPress, yang akan berfungsi untuk sebagian besar website.

Di bawah ini Anda akan menemukan opsi lain yang sangat berguna jika Anda menggunakan Cloudflare CDN, server web nginx, dan lainnya. Lanjutkan dan pilih metode yang menurut Anda berlaku untuk website Anda tergantung pada penyiapan khusus Anda.

Jangan lupa klik tombol simpan perubahan untuk menyimpan pengaturan.

Anda sekarang dapat mengunjungi website Anda untuk melihat apakah ini menyelesaikan masalah konten tidak aman di website. Pastikan untuk menghapus cache WordPress sebelum memeriksa website.

Jika mixed content error di WordPress belum benar, kunjungi kembali halaman pengaturan plugin dan sesuaikan kembali tingkat perbaikannya.

Kami harap artikel ini membantu Anda mempelajari cara memperbaiki mixed content error di WordPress.

Subscribe To Our Newsletter

Dapatkan berita dan penawaran seputar Dunia Digital

Ingin memiliki website sendiri?

Kami siap membantu untuk mengelola website profesional Anda