Search
Close this search box.
Jasa Pembuatan Website, SEO & Digital Marketing - Wiselyproject

Belajar Css untuk Pemula (Panduan Coding Untuk Web Desainer)

Belajar CSS untuk pemula

Share This Post

Belajar CSS. Ketika Anda memikirkan pengkodean, gambar orang yang mengetik di komputer atau membaca buku mungkin muncul di benak Anda. Tetapi dunia pengkodean telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dan sekarang ini bukan hanya tentang membuat program dan algoritme.

Ini adalah istilah umum yang mencakup banyak keterampilan berbeda yang terkait dengan literasi digital. Dengan kata lain, jika Anda dapat menggunakan MS Word, Adobe Photoshop, dan Illustrator; maka Anda memiliki keterampilan yang diperlukan untuk membuat kode di bidang desain digital.

Pengkodean sekarang ada di mana-mana mulai dari website seperti Instagram dan Facebook hingga rumah mode Paris dan Milan. Dan desainer harus mengejar ketinggalan dengan cepat!

Jadi izinkan kami memperkenalkan Anda pada artikel Belajar CSS ini – CSS singkatan dari Cascading Style Sheets – yang merupakan salah satu dari tiga jenis kode utama yang digunakan oleh desainer web.

Apa itu Cascading Style Sheets?

Cascading Style Sheets (CSS) adalah kode yang digunakan untuk menambahkan elemen desain ke website atau aplikasi berbasis web. Kode ini mencakup informasi tentang font, warna, spasi, tata letak, margin, dan banyak elemen visual lainnya yang digunakan untuk membuat website terlihat seperti aslinya.

Hal ini berbeda dengan kode HTML yang digunakan untuk membuat konten yang sebenarnya pada sebuah website, seperti teks, gambar, video, dan media lainnya. Singkatnya, CSS adalah apa yang membuat desain Anda terlihat seperti bagus dan menarik dalam visual, sedangkan HTML adalah apa yang membuat desain Anda berfungsi.

Tugas desainer adalah membuat desain yang menarik secara visual bagi pelanggan, dan tugas pengembang adalah membuat desain yang indah dan fungsional. Kedua tim menggunakan berbagai jenis kode untuk menyelesaikan tugas ini.

Coding untuk Desainer: Mengapa Anda Harus Mempelajari CSS?

Seperti yang kami sebutkan di atas, CSS adalah apa yang membuat desain Anda terlihat menarik secara visual. Jika Anda ingin menjadi desainer yang sukses, mengetahui cara menggunakan kode ini akan membantu Anda membuat desain yang indah dan fungsional.

Tapi mengapa belajar CSS secara khusus? Nah, CSS adalah bahasa pengkodean yang paling mudah untuk dikuasai dan dapat diterapkan pada bidang desain apa pun. Ini juga terkait dengan bahasa pengkodean lain – seperti HTML, JavaScript, dan jQuery – yang digunakan untuk membuat elemen yang lebih fungsional seperti formulir, animasi, dan interaktivitas.

Kami tahu bahwa tidak semua orang akan menjadi pengembang penuh waktu, tetapi sebagai desainer, Anda harus tahu cara membuat kode. Bahkan jika Anda tidak pernah benar-benar membuat kode sendiri, memahami dasar-dasarnya akan membantu Anda bekerja lebih efisien dengan pengembang dan akan membuat Anda lebih siap bekerja di industri ini.

Bayangkan bisa membuat desain persis seperti yang Anda inginkan tanpa harus menunggu pengembang website melakukan perubahan.

Cara Membuat Kode CSS

Dalam mempelajari CSS banyak strategi dan cara yang bisa digunakan. Untuk memahami kode CSS Anda bisa mempelajari beberapa hal berikut:

  • Gunakan Kursus CSS Online

Ada beberapa kursus online yang dapat Anda gunakan untuk mempelajari cara membuat kode CSS atau belajar CSS. Salah satu opsi populer adalah Code School, yang memiliki kursus untuk pemula dan pengguna tingkat lanjut.

Jika Anda lebih suka tutorial video, Anda juga dapat melihat Youtube untuk berbagai tutorial. Untuk mempelajarinya Anda bisa menggunakan link berikut: w3schools

  • Berlatih Secara Teratur

Coding pada dasarnya adalah keterampilan yang perlu Anda latih secara teratur untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan.

Meskipun Anda dapat mempelajari dasar-dasar CSS dalam waktu singkat, Anda harus terus belajar dan berlatih untuk menjadi pembuat kode yang terampil.

  • Dapatkan Bantuan Satu-satu

Meskipun Anda dapat mempelajari dasar-dasar CSS secara online, Anda mungkin memerlukan bantuan dengan beberapa proyek pertama Anda.

Dan meskipun dimungkinkan untuk menemukan pengembang online untuk membantu Anda, biasanya lebih baik mencari orang lokal untuk diajak bekerja sama. Mereka dapat membantu Anda dengan masalah spesifik, dan Anda juga dapat belajar dari mereka pada saat yang sama.

  • Sabar

Belajar coding adalah proses yang membutuhkan waktu. Anda seharusnya tidak berharap untuk menjadi pembuat kode yang terampil dalam waktu singkat, dan Anda tidak boleh frustrasi jika segala sesuatunya tidak berjalan lancar pada awalnya.

Panduan 3 Langkah untuk Mempelajari CSS

Setelah mengetahui cara membuat kode CSS Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk mengasah dan menguji pengetahuan Anda tentang Cascading Style Sheets. Mulailah dengan cara-cara berikut ini.

  • Mulailah dengan Dasar-dasar

Pertama-tama, Anda perlu mempelajari dasar-dasar CSS. Anda harus memiliki pemahaman umum tentang kode, apa arti setiap elemen, dan bagaimana pengaruhnya terhadap desain Anda.

Jika Anda menggunakan program WYSIWYG seperti Squarespace, maka Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang langkah ini.

  • Cobalah Keterampilan Anda di Proyek Kecil

Setelah Anda mempelajari dasar-dasar CSS, Anda harus mencoba proyek kecil. Anda harus mulai dengan sesuatu yang kecil, seperti membuat halaman arahan sederhana atau website sederhana.

  • Berlatih Secara Teratur

Anda tidak akan menjadi pembuat kode yang terampil dalam semalam. Anda perlu berlatih secara teratur, dan perlu menjadikan pengkodean sebagai bagian rutin dari alur kerja desain Anda.

3 Tips untuk Pemula Pemrograman CSS

Bagi Anda yang baru saja mempelajari kode CSS jangan terburu-buru untuk mengerjakan program yang terlalu berat. Anda harus memulainya dari sesuatu hal yang kecil dan mudah. Berikut Tips bagi Anda yang baru mempelajari CSS.

  • Jangan Terjebak pada Detail

Sebagai pembuat kode pemula, Anda mungkin akan terjebak pada detail kode pada awalnya. Anda akan ingin mengubah segalanya agar sesuai dengan desain khusus, dan Anda ingin mengubah banyak hal dengan sangat cepat.

Tetapi saat Anda mendapatkan lebih banyak pengalaman, Anda akan mengetahui bahwa detail dalam kode Anda tidak sepenting yang Anda pikirkan.

  • Jangan Terjebak pada Kesempurnaan

Perfeksionisme bisa menjadi masalah nyata bagi desainer, tetapi bisa lebih menjadi masalah bagi pembuat kode. Perlu Anda ingat bahwa coding tidak sama dengan desain, dan tidak sama dengan karya kreatif.

Kode Anda tidak harus diformat dengan sempurna, diindentasi dengan sempurna, atau apa pun dengan sempurna. Itu hanya perlu bekerja.

  • Keluar dari Zona Nyaman Anda

Jika ingin menjadi pembuat kode yang terampil, maka Anda harus keluar dari zona nyaman. Anda perlu mendorong diri sendiri untuk mencoba hal-hal baru, dan perlu belajar dari kesalahan.

Kesimpulan

Sebagai web desainer, tugas Anda adalah membuat desain yang menarik secara visual bagi pelanggan, dan tugas pengembang adalah membuat desain yang indah dan fungsional.

Kedua tim menggunakan berbagai jenis kode untuk menyelesaikan tugas ini. Cascading Style Sheets (CSS) adalah apa yang membuat desain Anda terlihat indah, sedangkan HTML adalah apa yang membuat desain Anda berfungsi.

Belajar CSS coding akan membantu Anda membuat desain yang indah dan fungsional dan akan membuat Anda lebih siap bekerja di industri ini sebagai seorang web desainer.

Jika Anda ingin mempelajari UX Web Design Development Melalui Video Anda bisa mengklik tombol dibawah ini. Belajar CSS akan lebih mudah dan menyenangkan…

Subscribe To Our Newsletter

Dapatkan berita dan penawaran seputar Dunia Digital

Ingin memiliki website sendiri?

Kami siap membantu untuk mengelola website profesional Anda