Search
Close this search box.
Jasa Pembuatan Website, SEO & Digital Marketing - Wiselyproject

Cara Membuat Blog dan Blogging Dengan Mudah

Cara Membuat Blog dan Blogging Dengan Mudah

Share This Post

Cara Membuat Blog dan Blogging bisa Anda pelajari di artikel ini. Sampai saat ini, blogging masih menjadi salah satu topik paling populer di Internet. Dari menulis hingga karir profesional, jurnal online ini adalah alat untuk berbagai macam hal.

Cara membuat blog sekarang lebih mudah. Tak heran, banyak pihak membuatnya untuk berbagai keperluan, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Misalnya untuk berbagi pengalaman, strategi content marketing, membuat tutorial, dll.

Namun meskipun sederhana, Anda tetap membutuhkan panduan untuk membuat blog, agar blogging berfungsi dengan baik untuk tujuan Anda. apa yang harus dilakukan

Nah, di artikel ini Anda akan mengetahui cara blogging dan membuat blog terbaru

Apa itu Blog?

Pada dasarnya, definisi blog adalah “weblog”, yang berarti website untuk menyimpan “log” atau entri yang disimpan oleh satu atau banyak blogger.

Apa itu blogger? Seorang blogger adalah orang yang membuat atau memiliki dan memelihara sebuah blog dan berbagi pandangan dan perspektif dengan publik untuk tujuan pribadi atau komersial. Blogger juga merupakan nama dari layanan blog Google yaitu Blogger.com atau yang sering kita temukan atau dengar blogspot.

Blog dibagi menjadi tiga jenis yaitu blog pribadi, profesional dan bisnis. Tak heran, tujuan ngeblog juga berbeda. Beberapa di antaranya hanyalah berbagi informasi, media portofolio, dan strategi pemasaran konten.

Sebuah blog terdiri dari beberapa struktur dasar. Pertama, judul identitas blog. Kemudian main blog tempat untuk memposting konten. Menu samping untuk fitur identitas dan fitur tambahan seperti kalender dan jam. Terakhir, ada footer yang mencantumkan informasi kontak pemilik blog.

Di artikel blog dan blogging ini anda akan mempelajari cara membuat blog dengan mudah.

Apa itu Blogging?

Blogging adalah pengelolaan blog, seperti menulis, memperbarui konten blog atau menambahkan elemen lain seperti video. Kegiatan ini dilakukan oleh para blogger dengan bantuan alat-alat digital yang tersedia di internet.

Blog menjadi populer di awal 2000-an ketika beberapa blog politik lahir. Sesaat kemudian, topik dan ajaran pendidikan mulai muncul. Sejak itu kegiatan ini menjadi sangat populer. Tapi pertanyaannya adalah, mengapa blogging bisa menjadi begitu terkenal?

Sekarang kita telah membahas apa itu blog dan apa itu blogging, mari kita lihat perbedaan blog dan website.

Apa Bedanya Blog dan Website

Blog dan website bukanlah hal yang sama. Ada beberapa hal mendasar yang membuat keduanya berbeda.

Pertama dari konten. Blog berisi konten dalam bentuk artikel atau video tentang topik tertentu yang menarik minat pemiliknya. Pada saat yang sama, website berisi informasi yang lebih umum tentang produk atau layanan, misalnya.

Kedua, komunikasi dalam blog biasanya bersifat interaktif. Meskipun website hanya salah satu pilihan. Sehingga blog memiliki visitor engagement yang bisa dibangun.

Ketiga, blog menggunakan bahasa yang lebih pribadi. Website cenderung lebih profesional dan formal. Selain itu, ada beberapa perbedaan lain antara blog dan situs web.

Keempat, sebuah blog bersifat dinamis karena isinya selalu update, sedangkan website bersifat statis karena halamannya jarang diupdate. Misalnya, halaman produk, informasi layanan dan Tentang kami.

Kelima, faktor pembeda lainnya adalah nama penulis, tanggal posting dan kategori. Di blog online, ketiga elemen ini terlihat jelas di bagian atas posting. Pada saat yang sama, Anda tidak akan menemukan ketiga elemen ini di website.

Table Perbedaan Blog dan Website

BLOGWEBSITE
PengelolaDikelola oleh seorang atau beberapa penulisDikelola langsung oleh perusahaan
Tujuan Pengelola PlatformKepentingan personal hingga bisnisKebutuhan branding sampai bisnis
Isi KontenTopik tertentu yang bersifat personal atau mendukung bisnis perusahaanInformasi spesifik seputar produk/layanan perusahaan
Arah KomunikasiInteraktifCenderung satu arah
Gaya BahasaSantai/informalFormal dan profesional
Intensitas UpdateRutinTergantung kebutuhan
Tujuan BerlanggananMemberikan info konten terbaruMemberikan newsletter produk/layanan
Pembagian KategoriBerdasarkan topik tertentuBerdasarkan produk/layanan

Banyak individu dan toko online mengandalkan website untuk berbagi informasi, menampilkan profil perusahaan, menampilkan portofolio, dll.

Namun, memiliki blog memudahkan untuk berkomunikasi dengan audiens, serta meningkatkan potensi uang dan menemukan lebih banyak pelanggan potensial. Karena Anda bisa menempati halaman pertama Google dan menyedot trafik dari mesin pencari.

Sekarang setelah Anda memutuskan untuk memulai website atau blog atau keduanya, Anda harus memilih platform atau hosting yang tepat sejak awal. Dengan hosting terbaik, performa website/blog Anda akan lebih cepat, aman dan terpercaya.

Cara Membuat Blog dan Melakukan Blogging Dengan Mudah

cara membuat blog dengan mudah

Anda harus mengikuti setidaknya beberapa langkah sederhana ini untuk mengetahui cara membuat blog yang menarik.

Mulai dari menentukan topik utama (niche) sesuai minat Anda. Setelah Anda memiliki tema dasar, akan mudah bagi Anda untuk mengembangkan blog dalam jangka panjang. Misalnya, topik, masakan, teknologi, mode, perjalanan, dll.

Selanjutnya, pilih platform blogging terbaik. Platform adalah alat yang Anda gunakan untuk mengelola blog Anda. Platform yang paling umum digunakan adalah WordPress dan Blogspot. Selain membuatnya, ada langkah lain dalam tahap optimasi.

kami akan menjelaskan poin-poin di atas lebih detail. Pengaturan yang dijelaskan di sini memungkinkan Anda membuat blog pribadi atau bisnis untuk bisnis atau keahlian Anda.

1. Niche

Apa itu Niche? Niche adalah topik atau area yang menjadi fokus utama Anda. Ya, salah satu cara untuk membuat blog pribadi atau profesional yang menarik adalah dengan melihat topik yang Anda minati.

Jadi Anda hanya perlu fokus membuat konten dengan topik yang sama. Direkomendasikan agar blog Anda diakui sebagai ahli dalam topik tertentu dan banyak orang menggunakannya sebagai referensi.

Hasilnya, traffic ke blog akan meningkat dan akan lebih mudah untuk mendapatkan uang melalui iklan atau referral.

03-cara-membuat-blog-niche

Misalnya, jika Anda bekerja sebagai musisi, Anda dapat memilih blog tentang musik. Namun, karena subjek musik sangat luas, cari area tertentu untuk menentukan niche yang tepat. Misalnya, Anda dapat meninjau lagu-lagu yang termasuk dalam genre hip-hop atau pop.

Jika Anda sedang mengerjakan proyek atau memulai bisnis online, Anda juga dapat berbagi informasi tentang layanan, produk, visi, dan misi perusahaan melalui blog.

pembaca mampir ke blog Anda dan tertarik dengan diskusi yang disajikan. Anda juga dapat dengan mudah mendapatkan pengguna baru.

Cara Memilih Niche Blog

Memilih niche membutuhkan waktu yang lama. Namun dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini, memilih niche bisa lebih mudah. Berikut cara memilih niche:

  • Buat daftar hal-hal yang Anda sukai atau kuasai.

Ini bisa berhubungan dengan pekerjaan, kegiatan sehari-hari atau traveling.

  • Cari dan jelajahi blog di niche yang sama.

Periksa target pasar untuk menentukan apakah topik yang dipilih dapat digali lebih dalam atau tidak. Pikirkan tentang konten yang diulas di setiap blog, seperti kosakata, tutorial, atau proyek tertentu.

  • Tentukan topik yang lebih spesifik.

Misalnya, memasak adalah subjek yang sangat luas. Pasti banyak yang membahas topik ini. Jadi persempit dengan membahas cara memasak sayuran agar sehat atau cara menjadikan memasak sebagai hobi yang menyenangkan.

  • Cari tahu niche mana yang “menjual”.

Apakah ada produk yang dijual di area pasar yang dipilih? Apakah produk menggunakan AdWords? Dan apakah pesaing menawarkan ruang iklan atau spanduk? Periksa semua hal ini untuk menentukan langkah Anda selanjutnya.

  • Pilih niche yang Anda kuasai.

Setiap pembaca ingin mendapat informasi lengkap dan memuaskan rasa ingin tahu mereka. Jika Anda hanya menulis postingan “saja”, pembaca blog juga akan mendapatkan informasi “rata-rata”. Jadi tinggalkan mata pelajaran yang tidak Anda sukai dan temukan niche yang benar-benar Anda pahami.

  • Tulis niche yang populer.

Sesuatu yang tidak dicakup oleh pesaing mungkin menarik dan berpeluang untuk dibahas, gunakan google trend untuk melihat peluang yang sedang populer.

2. Pilih Hosting Yang Tepat

Setelah menentukan niche, langkah selanjutnya adalah memilih web hosting. Layanan online ini memungkinkan Anda untuk menempatkan blog Anda secara online sehingga orang dapat mengunjungi blog Anda. Ini salah satu cara membuat blog yang juga harus diperhatikan.

04-cara-membuat-blog-hosting-yang-tepat

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk memilih platform web hosting, perhatikan beberapa pertanyaan berikut ini:

  • Apakah Anda ingin membuat blog yang mendatangkan banyak trafik?
  • Apakah proses instalasinya mudah?
  • Apakah ada layanan pelanggan atau dukungan pelanggan?
  • Apakah ada fitur yang tersedia untuk membuat blog yang fungsional dan profesional?
  • Berapa biaya berlanggananya? Apakah Anda mencari hosting murah atau premium?

Jenis – Jenis Hosting

Setelah Anda menemukan jawabannya, pilih jenis hosting yang tepat untuk blog Anda. Ada beberapa jenis hosting yang tersedia untuk blogging yang akan kami jelaskan di bawah ini.

  • Shared hosting, jenis hosting termurah dan termudah;
  • Cloud hosting, jenis hosting dengan fitur VPS dan fungsi yang mudah seperti shared hosting;
  • Hosting VPS, memiliki kapasitas server yang besar dan membutuhkan keterampilan teknis.

Namun, blogging untuk pemula lebih cocok menggunakan shared hosting. Karena blog pada tahap awal tidak membutuhkan resource server yang besar. Pengelolaannya juga sangat mudah dan mendapat bantuan penyedia layanan.

3. Pilih Domain

Selain hosting Anda juga membutuhkan nama domain dalam cara membuat blog dan blogging. Tentukan Nama domain yang tepat, domain adalah URL unik yang dimiliki oleh setiap website. Karena nama domain menentukan keberhasilan blog Anda, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan.

Jangan terburu-buru untuk mendaftarkannya juga. Lakukan ini dengan hati-hati. Jika perlu, gunakan generator domain untuk mencari domain potensial.

05-cara-membuat-blog-domain

Jika domain potensial sudah ada, periksa ketersediaannya dengan pemeriksa domain. Alat ini menampilkan nama domain dengan beberapa ekstensi. Tips memilih domain:

  • Mudah ditulis

Apakah Anda ingin tahu bagaimana membuat blog pribadi Anda lebih berkesan bagi pengunjung Anda? Caranya mudah, cukup gunakan nama Anda sebagai domain. Jika tidak mau, Anda bisa berkreasi dengan nama yang menyertakan elemen niche Anda. Namun, pastikan pengunjung mudah mengetik dan menulis. Misalnya, Anda memiliki topik di industri komputer. Kemudian Anda dapat menggunakan nama yang berhubungan dengan computer, computermania.net, dll.

  • Pendek

Pastikan nama domain Anda tidak lebih dari 63 karakter. Gunakan nama yang sesingkat dan sesederhana mungkin. Ini adalah salah satu cara untuk membuat blog pribadi Anda mudah diingat oleh pengunjung Anda. Dan juga tidak mengandung angka atau tanda hubung.

  • Jangan menggunakan angka dan tanda hubung

Ini karena angka dan tanda hubung dapat menyulitkan pengunjung dalam mengingat nama domain blog Anda. Jadi sebaiknya hindari dua hal ini.

4. Gunakan CMS untuk Blog Anda

Sistem manajemen konten (CMS) adalah platform yang sempurna jika Anda ingin mencoba memulai blog baru. Dengan sistem manajemen konten, Anda dapat:

  • Membuat blog tanpa harus belajar coding dan bahasa pemrograman lainnya terlebih dahulu.
  • Menerbitkan Konten dan Membuat Konten Baru.
  • Dapat menulis konten tanpa mengkhawatirkan masalah teknis.
  • Menambahkan fitur baru melalui plugin dan modul.
06-cara-membuat-blog-content-management-system-strategy-cms-concept-1

Sesuaikan tata letak blog Anda dengan tema gratis dari pustaka CMS. Platform terbaik yang kami rekomendasikan untuk blogging adalah WordPress karena mudah dikelola dan menawarkan semua fitur hebat.

Sebenarnya ada platform lain yang bisa Anda gunakan untuk memulai blog gratis, yaitu Blogspot. Namun, fitur yang ditawarkannya tidak selengkap WordPress. Cara membuat blog melalui wordpress ataupun blogspot juga harus dipertimbangkan.

Baca Juga: Cara Menginstal WordPress

5. Kembangkan Blog dan Publikasikan

Untuk mulai mengembangkan blog, Anda perlu membuat posting dan beberapa halaman penting yang harus ada di blog. Di bawah ini kami membahas beberapa metode dan strategi pengembangan blog agar blog Anda tetap penuh pengunjung.

A. Tulis blog yang menarik

07-cara-membuat-blog-publikasi-1

Sebelum memulai langkah-langkah di bawah ini, Anda harus terlebih dahulu membuat beberapa kata kunci tentang topik yang akan Anda tulis. Nantinya, kata kunci tersebut akan berguna untuk mengoptimalkan blog di mesin pencari untuk mendapatkan trafik.

Untuk menulis artikel yang hebat, lakukan hal berikut:

Tulis garis besar terlebih dahulu.

Anda bisa mulai membuat artikel dengan membuat outline terlebih dahulu. Mulailah dengan membuat daftar poin pembicaraan yang paling penting untuk pesan Anda. Anda dapat mulai membuat judul, menguraikan struktur H1 hingga H5 dan memasukkan kata kunci di dalamnya.

Tulis artikel yang informatif dan bermanfaat.

Setelah menulis poin-poin utama, cara membuat artikel selanjutnya adalah dengan mengembangkan tulisan Anda. Pikirkan tentang audiens target saat menulis posting. Jangan pernah memposting konten yang tidak Anda kuasai.

Tambahkan gambar yang menarik.

Sebagai seorang blogger, Anda tentu berharap pembaca akan terus mengunjungi blog Anda. Selain memastikan konten yang berkualitas, Anda juga harus kreatif. Buatlah menarik dengan menambahkan foto, grafik, atau sumber visual lainnya ke konten atau postingan Anda yang sesuai dengan gaya penulisan Anda.

Hindari kata atau frasa musiman.

Kata atau frasa musiman mencakup tanggal, bulan, tahun, atau tren musiman tertentu yang tidak berulang (misalnya “Idul Fitri 2021”). Jangan sertakan kata atau frasa ini di URL postingan Anda karena akan membuat postingan Anda usang. Jika Anda ingin memasukkannya, letakkan di area yang mudah diedit, seperti isi konten Anda atau judul posting Anda.

Periksa ejaan dan keterbacaan artikel.

Langkah ini juga penting untuk menulis artikel yang menarik. Baca ulang tulisan Anda dengan pratinjau dan tempatkan diri Anda sebagai pembaca atau orang awam. Apakah tulisannya mudah dibaca? Mudah dimengerti? Apakah Anda tidak berputar? Coba tanyakan itu pada diri Anda sendiri. Selain itu, Anda dapat memeriksa ejaan dan tata bahasa menggunakan alat online.

Tambahkan ajakan bertindak.

CTA atau ajakan bertindak dapat dalam bentuk teks apa pun, seperti mengundang pembaca untuk berlangganan buletin, membaca posting terkait, membeli produk, meningkatkan layanan, dll. Setiap postingan harus memiliki setidaknya satu ajakan bertindak, meskipun itu sesederhana mengundang pembaca untuk berkomentar di kolom tertentu.

Mengaktifkan kolom komentar untuk setiap pesan.

Dengan cara ini pengunjung dapat berinteraksi dengan Anda secara virtual. Mintalah pendapat atau saran dan kritik tentang posting atau apa yang ingin mereka baca selanjutnya di blog Anda.

Jangan berharap blog Anda ramai.

Pesan ditampilkan untuk waktu yang lama di halaman beranda mesin pencari seperti Google. Namun, hal tersebut tidak boleh menyurutkan semangat. Pertahankan kualitas posting. Perlahan bangun blog yang menawarkan solusi kepada pembaca Anda.

B. Buat halaman penting untuk blog Anda

08-cara-membuat-blog-important-page-1

Jadikan blog Anda lebih menarik dan undang lebih banyak pengunjung dengan membuat halaman penting seperti:

  • Tentang (kami). Tambahkan informasi tentang siapa Anda dan mengapa blog ini dibuat di halaman ini. Tuliskan tujuan, apakah itu bisnis, hobi atau cerita pribadi.
  • Kontak (rincian kontak). Anda dapat menampilkan alamat email, akun media sosial, email langganan, atau informasi kontak lainnya di halaman ini untuk memudahkan pembaca berkomunikasi dengan Anda.
  • Side bar/Menu. Kolom atau bar di bagian atas layar, seperti kategori, iklan, halaman statis lainnya, dll.

C. Buat strategi untuk mengembangkan blog Anda

09-cara-membuat-blog-strategi-1

Berikut ini panduan singkat untuk membuat strategi yang baik:

  • Tetapkan tujuan. Apakah ada sesuatu yang ingin Anda capai melalui blogging? Cobalah untuk lebih spesifik. Misalnya, Anda ingin mendatangkan 3.000 pembaca ke blog Anda pada akhir bulan, atau mengoptimalkan dua posting untuk muncul di halaman pertama Google dalam waktu dua minggu.
  • Lakukan riset audiens. Siapa target audiens Anda? Cari tahu konten apa yang mereka sukai, masalah apa yang sering mereka hadapi, dan platform media sosial apa yang mereka gunakan.
  • Buat daftar topik dan kata kunci. Seperti yang kita bahas sebelumnya, setiap posting harus mengandung kata kunci. Identifikasi kata kunci yang dapat membawa posting Anda ke halaman pertama Google. Gunakan alat seperti Google Keyword Planner, Ahrefs Keyword Explorer dan SEMrush Keyword Research. Kata kunci yang digunakan harus sesuai dengan niche.
  • Buat jadwal posting. Jadwalkan blogging dan posting agar tetap konsisten dan produktif.
    Setelah itu Anda dapat melanjutkan ke cara blogging selanjutnya yaitu promosikanya.

6. Mempromosikan Blog

Karena posting membutuhkan waktu lama untuk muncul di halaman pertama Google, menjadi sulit untuk menentukan keberadaan blog Anda. Salah satu cara untuk mempopulerkan blog Anda dan menjangkau audiens yang tepat adalah dengan mempromosikannya.

10-cara-membuat-blog-promosi

Distribusikan konten blog di media sosial, buat daftar email, dan buat tautan. Lihat bagaimana kinerja blog Anda di Google Analytics.

Cara membuat blog ramai pengunjung

Beginilah cara agar blog Anda terkenal dan mendapat banyak pengunjung:

  • Iklan dari mulut ke mulut. Beritahu orang-orang terdekat Anda bahwa Anda sekarang memiliki blog sendiri. Mintalah bantuan mereka untuk menyebarkannya di media sosial. Tambahkan mereka ke milis jika diperlukan agar Anda tidak ketinggalan konten terbaru.
  • Tambahkan blog ke mesin pencari. Blog Anda terindeks. Ini berarti blog Anda akan ditambahkan ke daftar mesin pencari. Buat akun dengan Google dan pilih Kirim URL di tools. Selain Google, Anda juga dapat menambahkan ke Bing dan mesin pencari lainnya.
  • Jadilah blogger yang aktif. Lihat blog, media sosial, forum, dan media lain yang terkait dengan niche Anda. Bergabunglah dengan komunitas terkait untuk membangun hubungan tidak hanya dengan blogger, tetapi juga dengan audiens Anda.
  • Aktif di jejaring sosial. Untuk meningkatkan trafik ke blog Anda, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti blog lain di niche Anda. Tulis komentar pada posting dan buat tautan.
  • Buat blog tamu (Guest Blogging). Menawarkan layanan untuk menulis posting untuk website atau blog lain. Pastikan blog yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik dan menggunakan niche yang sama.
  • Menyusun mailing list. Email pembaca tentang artikel terbaru atau penawaran yang akan datang. Semakin banyak orang yang menunggu kiriman blog, semakin baik responsnya.
  • Tambahkan iklan atau trafik berbayar. Periklanan dianggap sebagai salah satu strategi pemasaran terbaik. Anda dapat mempromosikan blog Anda dengan menempatkan iklan di Facebook atau Google AdWords. Gunakan opsi ini hanya jika Anda benar-benar memiliki anggaran yang dialokasikan untuk iklan.

7. Google Search Console dan Google Analytics

Analytics dan Search Console adalah dua program penting yang harus Anda ketahui sebagai blogger.

Google Analytics membantu Anda memahami perilaku pembaca. Selain itu, Anda juga memerlukan Google Search Console untuk memantau kinerja blog Anda di area pencarian gratis Google.

Kabar baiknya adalah kedua perangkat lunak tersebut tersedia secara gratis! Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan biayanya.

Link: Google Anlytics

Link: Google Search Console

8. Kontrol Blog Secara Teratur

Untuk memaksimalkan kinerja, blog secara keseluruhan harus dijaga terus menerus. Apa yang harus ditinjau? Nah, inilah daftarnya:

  • Review Blog Layout. Termasuk pembaruan template, pembaruan font dan ukuran untuk membaca lebih mudah, navigasi blog yang jelas, popup yang masuk akal diinstal.
  • Pemeriksa Kecepatan Blog. Aktifkan plugin cache Litespeed, kompres ukuran gambar, kurangi plugin yang tidak perlu, pilih tema ringan dan batasi konten halaman.
  • Cek Blog Optimization. Mengatasi broken link dan error, update content, meta title dan meta description, monitor traffic dan SEO.
  • Pemeriksaan Keamanan Blog. Instal plugin dan cadangan keamanan, pastikan SSL atau HTTPS aktif, perbarui nama pengguna, kata sandi, dan gunakan otentikasi dua faktor.

9. Produksi Konten Secara Teratur dan rutin

Untuk pengelolaan konten, menggunakan kalender saja tidak cukup. Anda perlu memastikan bahwa Anda selalu mencari ide konten, memproduksi dan menerbitkannya.

Untuk melakukan ini, Anda dapat secara teratur mengunjungi blog lain, mengikuti tren terkini di media sosial, membuat peta pikiran tentang topik konten, dan banyak lagi. Karena cara ini bisa memberi tahu Google bahwa blog Anda terkait dengan kata kunci dan niche tertentu.

Selain itu, Anda memberi pembaca Anda pilihan konten. Semakin sering Anda membuat konten di area tertentu, semakin banyak pengunjung akan percaya bahwa blog Anda kredibel di area tersebut.

10. Backlink Berkualitas

Backlink adalah link yang dipasang di blog/website yang mengarah ke blog Anda. Ini adalah bagian penting dari blogging.

Membangun backlink sangat penting untuk menjaga reputasi blog di Google. Ada beberapa strategi solid yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan backlink berkualitas untuk blog Anda. Mengapa Backlink penting?

  • Melalu backlink Website Anda dapat ditemukan oleh google
  • Backlink berguna untuk menjaga reputasi di google
  • Backlink yang relevan dapat meningkatkan kredibilitas website
  • Backlink mendatangkan trafik ke website

11. Mulai menghasilkan uang dari blogging

11-cara-membuat-blog-dan-menghasilkan-uang

Selain berfungsi sebagai tempat menyalurkan opini dan berbagi informasi, blog juga bisa menjadi sumber penghasilan utama atau sekunder. Ya, Anda bisa mencoba menghasilkan uang di internet melalui blogging. Pada dasarnya, bagaimana ya, bagaimana cara menghasilkan uang dari blog?

Cara menghasilkan uang dari blog

  • Pasang iklan. Pilih iklan yang spesifik dan relevan dengan audiens target Anda atau berdasarkan topik yang sedang ditulis. Anda dapat memulai strategi ini dengan menggunakan Google Adsense.
  • Bergabung dengan program afiliasi. Melalui program ini, Anda akan bekerja sama dengan perusahaan untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Maka Anda akan menerima komisi. Untuk mengikuti program ini, blog Anda harus memiliki traffic yang tinggi dan dapat dipercaya. Sebagai afiliasi, Anda akan menerima tautan afiliasi untuk diposting atau disertakan di blog.
  • Menjual produk dan jasa. Anda dapat menjual produk dan layanan Anda sendiri di blog. Instal plugin e-commerce, seperti WooCommerce, dan buat audiens Anda mudah menemukan produk yang mereka inginkan, menambahkan produk ke keranjang mereka, dan checkout.
  • Buat postingan bersponsor. Jika blog sudah ramai, peluang pihak lain untuk memasang iklan di blog Anda sangat luas. Tujuan menempatkan iklan di blog dengan lalu lintas tinggi adalah untuk meningkatkan visibilitas. Pembayaran akan didasarkan pada jumlah klik pada posting, jumlah kunjungan atau transaksi.
  • Ubah blog Anda menjadi portofolio online. Apakah Anda memiliki keterampilan menulis yang baik? Ubah blog Anda menjadi layanan penulisan. Anda juga dapat menyelenggarakan menulis online atau menawarkan untuk menjadi penulis lepas.

Ringkasan

Anda dapat dengan mudah membuat blog Anda sendiri dengan langkah-langkah di atas. dari memilih niche, memilih hosting dan nama domain, dsb.

Dengan artikel ini, Anda sudah mengetahui cara membuat blog pribadi agar optimal. Happy Blogging!

Subscribe To Our Newsletter

Dapatkan berita dan penawaran seputar Dunia Digital

Ingin memiliki website sendiri?

Kami siap membantu untuk mengelola website profesional Anda