Search
Close this search box.
Jasa Pembuatan Website, SEO & Digital Marketing - Wiselyproject

Perbedaan Website vs Web App: Yuk Kita Simak

website vs web app

Share This Post

Perbedaan website vs web app akan kita bahas disini. Katakanlah Anda ingin memulai blog, website ulasan restoran, atau website e-commerce. Anda dapat memilih untuk membuatnya sebagai website biasa, atau mengubahnya menjadi web app.

Mana yang harus Anda pilih? Meskipun keduanya memiliki sifat yang serupa dan memiliki maksud yang sama, ada beberapa perbedaan utama antara website dan web app yang harus Anda pertimbangkan saat membuat keputusan.

Di satu sisi, website seperti brosur online yang memungkinkan pengguna mengakses informasi tentang organisasi dari browser apa pun. Di sisi lain, web app seperti program terinstal yang menyediakan layanan atau informasi tertentu langsung dari browser Anda.

Jadi mana yang lebih baik untuk kebutuhan Anda? Baiklah mari kita cari tahu!

Apa itu Website?

Website adalah kumpulan halaman web yang di-host di server dan dapat diakses melalui internet. Website juga disebut sebagai “kehadiran online” atau “portal online” yang biasanya terdiri dari beranda dan beberapa halaman tambahan, seperti halaman “Tentang Kami”, halaman “Hubungi Kami”, dan “Layanan/Produk ” halaman.

Website biasanya dibangun menggunakan alat pembuatan website, ada beberapa cara yaitu CMS, Website Builder, Bahasa Pemrograman . Anda dapat dengan mudah membuat website tanpa memerlukan pengalaman pengkodean dengan website builder.

Anda dapat menggunakan website Anda untuk menampilkan informasi, produk, atau layanan perusahaan Anda, dan menjual produk dari website Anda. Dengan website, Anda dapat memiliki kemampuan untuk menjangkau audiens yang besar secara global dan melayani pelanggan 24/7.

Baca Juga: Apa itu Website?Pengertian Website, Jenis, Manfaat dan Komponenya [Lengkap]

Apa itu Web App?

Web app adalah aplikasi perangkat lunak yang berjalan di dalam browser. Hal ini dapat digunakan pada satu komputer atau di beberapa komputer dalam jaringan. Cara lain untuk memahami web app adalah sebagai website yang berperilaku lebih seperti aplikasi desktop dan menyediakan fungsionalitas yang lebih kuat daripada website biasa.

Web app dibuat dengan bahasa pemrograman seperti Python, PHP, Ruby, dll. Memiliki web app yang dibuat untuk perusahaan Anda dapat membantu branding, pengalaman pelanggan, dan pertumbuhan Anda secara keseluruhan.

Misalnya, Evernote adalah aplikasi web pencatat online. Ini memungkinkan Anda membuat catatan, menyimpan dokumen, merekam suara, dan banyak lagi. Semua fungsi ini dapat diakses melalui browser web Anda dan dapat digunakan sebagai alternatif notebook tradisional.

Perbedaan Utama Antara Website dan Web App

Perbedaan Antara Website vs Web App: Website dan Web App dapat berjalan di browser, memerlukan akses ke internet, dan keduanya menggunakan bahasa pemrograman yang sama untuk ujung depan dan ujung belakang.

Perbedaan utama antara Website vs Web App adalah bahwa aplikasi Web adalah perangkat lunak yang diakses oleh browser dan browser adalah aplikasi yang digunakan untuk menjelajah internet.

Sedangkan Website adalah kumpulan halaman web terkait. Website berisi gambar, teks, audio, video, dll. Ini dapat terdiri dari beberapa jumlah halaman.

Di sini, pertama-tama kita akan menjelaskan secara singkat Website vs Web App di dalam table berikut. Kami akan menjelaskan perbedaan dalam beberapa parameter di bawah ini.

WebsiteWeb App
Pada dasarnya berisi konten statisDirancang untuk interaksi dengan pengguna akhir.
Pengguna website hanya dapat membaca konten website tetapi tidak dapat memanipulasinya.Pengguna aplikasi web dapat membaca konten aplikasi web dan juga dapat memanipulasi data.
Ini tidak perlu dikompilasi sebelumnya.Web app harus dikompilasi terlebih dahulu sebelum penerapan.
Fungsi website terhadap browser sangat tinggi.Fungsi web app cukup kompleks.
Otentikasi tidak diperlukan di website.Aplikasi web bersifat interaktif bagi pengguna.
Untuk website, Integrasi lebih sederhana.Untuk aplikasi web, Integrasi bersifat kompleks karena memiliki fungsionalitas yang kompleks.
Contoh website: Kompas, wikipedia, dll.Sebagian besar aplikasi Web memerlukan otentikasi.
Website tidak interaktif bagi penggunaContoh aplikasi web: Shopee, Facebook, dll.

Manfaat Memiliki Website di Era Digital

Saat ini, memiliki website perusahaan sama pentingnya dengan memiliki toko, kantor, atau nomor telepon. Penelitian telah menemukan bahwa 6/10 pelanggan mengharapkan merek memiliki konten online tentang bisnis mereka.

Mengapa menunggu lebih lama lagi pelanggan Anda mencari Anda! Jika Anda memiliki atau menjalankan bisnis yang belum mengambil langkah itu ke dunia online, berikut adalah alasan yang akan membuat Anda bertanya-tanya mengapa Anda tidak melakukannya lebih awal

1. Kehadiran Online 24/7

Memiliki website berarti pelanggan selalu dapat menemukan Anda – kapan saja, di mana saja. Bahkan di luar jam kerja, situs web Anda terus mencari dan mengamankan pelanggan baru.

Ini menawarkan kenyamanan pengguna karena mereka dapat mengakses informasi yang mereka butuhkan dalam kenyamanan rumah mereka sendiri, tanpa tekanan tambahan untuk membeli.

Plus, karena sebagian besar perusahaan saat ini memiliki website sendiri, ada kemungkinan Anda kehilangan pelanggan karena pesaing Anda dengan tetap offline

2. Pertukaran Informasi

Paling sederhana, website menyediakan cara cepat dan mudah untuk mengkomunikasikan informasi antara pembeli dan penjual. Anda dapat mencantumkan jam buka, informasi kontak, menampilkan gambar lokasi atau produk Anda, dan menggunakan formulir kontak untuk memfasilitasi pertanyaan dari calon pelanggan atau umpan balik dari pelanggan yang sudah ada.

Anda bahkan dapat mengunggah video promosi untuk benar-benar melibatkan pelanggan dan menjual bisnis Anda dengan cara yang efektif dan hemat biaya. Ini juga merupakan cara yang baik untuk mempromosikan saluran media sosial Anda dan membangun komunitas dengan pelanggan Anda

3. Kredibilitas

Di dunia modern saat ini, ada harapan bagi setiap perusahaan terkemuka untuk memiliki semacam kehadiran online. Pelanggan potensial kemungkinan besar akan tidak mempercayai bisnis apa pun yang tidak memiliki nomor telepon atau alamat fisik, dan hal yang sama dapat dikatakan karena tidak memiliki website dan alamat email.

Ini adalah alat yang berguna untuk berbagi informasi penting tentang bisnis Anda dengan pelanggan dan menjawab semua Apa dan Mengapa yang mungkin mereka miliki.

Terlebih lagi, memiliki website yang berkualitas baik dan mudah digunakan membuat pelanggan merasa nyaman menggunakan layanan Anda, karena mereka akan menganggap bahwa mereka dapat mengharapkan pengalaman positif yang sama di semua bidang bisnis Anda.

4. Ini Memotong Biaya

Selain hanya menampilkan informasi, Anda juga dapat menggunakan website Anda untuk menjual barang & jasa secara langsung ke konsumen, dalam beberapa kasus menghilangkan kebutuhan untuk menggunakan toko “bata-dan-mortir” yang melibatkan biaya operasional yang besar (upah staf, sewa, utilitas untuk menyebutkan beberapa saja).

Menghilangkan biaya overhead ini juga akan memungkinkan Anda untuk menurunkan harga, memberikan bisnis Anda keunggulan kompetitif yang nyata. Ini juga dapat digunakan secara internal dalam bisnis Anda;

Apakah Anda memiliki berita yang ingin Anda bagikan kepada rekan kerja atau memiliki informasi penting yang dapat diakses oleh manajemen? Memiliki website internal dapat menghemat banyak waktu karena semua yang Anda butuhkan ada di satu tempat dan dapat diakses kapan saja.

5. Ekspansi Pasar

Karena website Anda dapat diakses oleh siapa saja di seluruh dunia, kemampuan untuk menembus batasan geografis tidak pernah semudah ini. Siapa pun, dari negara mana pun, akan dapat menemukan perusahaan Anda dan dengan demikian, sekarang menjadi pelanggan potensial.

Manfaat Web App di Era Teknologi Saat Ini

Aplikasi berbasis web telah berubah selama beberapa tahun terakhir dan dengan peningkatan besar dalam keamanan dan teknologi Aplikasi dan sistem berbasis perangkat lunak tradisional dapat dengan mudah ditingkatkan dengan memindahkannya ke aplikasi berbasis web.

1. Kompatibilitas lintas platform:

Sebagian besar web app jauh lebih kompatibel di seluruh platform daripada perangkat lunak tradisional yang diinstal. Biasanya persyaratan minimum adalah browser web yang jumlahnya banyak. (Internet Explorer, Firefox, Chrome, Safari untuk menyebutkan beberapa).

Jadi apakah Anda menggunakan Windows, Linux atau Mac OS Anda tetap dapat menjalankan web app.

2. Lebih mudah dikelola:

Sistem pengembangan web app hanya perlu diinstal pada server dengan menempatkan persyaratan minimal pada workstation pengguna akhir. Memelihara dan memperbarui sistem jauh lebih sederhana, pembaruan klien dapat digunakan melalui server web dengan mudah.

3. Sangat dapat digunakan:

Karena pengelolaan dan dukungan lintas platform, web app untuk platform apa pun di semua jenis lingkungan kerja menjadi lebih mudah. Ini sangat ideal di mana bandwidth terbatas dan sistem dan data jauh dari pengguna.

Paling banyak digunakan, Anda hanya perlu mengirimi pengguna alamat website untuk masuk dan memberi mereka akses.

Dengan demikian, ini memiliki implikasi besar yang memungkinkan seseorang untuk memperluas akses ke berbagai sistem, merampingkan proses, dan meningkatkan hubungan dengan menyediakan akses ke pelanggan, pemasok, dan pihak ketiga mana pun.

4. Amankan data langsung:

Sistem yang lebih besar dan kompleks membawa lebih banyak data dan memiliki sistem dan sumber data yang terpisah. Dalam sistem berbasis web, sistem dan proses ini seringkali dapat dikonsolidasikan dengan mengurangi kebutuhan untuk memiliki sistem yang terpisah.

Aplikasi berbasis web memberikan lapisan keamanan tambahan dengan menghapus akses ke data dan server back end.

5. Pengurangan biaya :

Seseorang dapat secara dramatis menurunkan biaya dengan bantuan aplikasi berbasis Web karena berkurangnya dukungan dan pemeliharaan, persyaratan yang lebih rendah pada sistem pengguna akhir dan arsitektur yang disederhanakan.

Dengan lebih merampingkan operasi bisnis Anda sebagai hasil dari aplikasi berbasis web Anda, penghematan tambahan sering dapat ditemukan.

Ringkasan Memilih Website Atau Web App

Website adalah sekelompok halaman web yang dapat diakses secara global dan saling terkait yang memiliki satu nama domain. Web App adalah perangkat lunak atau program yang dapat diakses menggunakan browser web apa pun.

Mengembangkan Website Anda membantu Anda dalam branding bisnis Anda. Kualitas dan Konten Web yang relevan adalah karakteristik paling penting dari website yang baik.

Mengembangkan Web App jika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda dengan cepat, mudah, dan terpusat. Meningkatkan penjualan secara langsung Memberikan pengalaman positif kepada konsumen melalui pelayanan yang efektif (secara tidak langsung juga membentuk merek perusahaan).

Memecahkan masalah bisnis secara sistematis dan otomatis. Misalnya membuat invoice, mengecek transaksi online, membuka saluran komunikasi antar pengguna, dll

Setelah anda melihat perbedaan website dan web app diatas, Anda dapat dengan mudah menentukan apa yang anda pilih.

Subscribe To Our Newsletter

Dapatkan berita dan penawaran seputar Dunia Digital

Ingin memiliki website sendiri?

Kami siap membantu untuk mengelola website profesional Anda