Search
Close this search box.
Jasa Pembuatan Website, SEO & Digital Marketing - Wiselyproject

Strategi Web Hosting untuk Mengelola Banyak Website

Srategi Web Hosting Untuk Mengelola Banyak Website

Share This Post

Strategi Web Hosting. Jika Anda mencari nafkah dengan nyaman dari Internet dan Web atau memiliki rencana untuk mencapai tujuan itu, kemungkinan besar Anda menjalankan lebih dari sepuluh website. Website adalah kantor virtual Anda. Anda ingin website Anda aktif dan berjalan 365 hari, 7 hari seminggu, dan 24 jam sehari. Mengelola banyak website adalah tugas yang menakutkan jika Anda menjalankan tanpa pemahaman dan strategi.

Usulan Strategi Hosting untuk Mengelola Banyak Website

Strategi hosting yang kami usulkan adalah meng-host beberapa website utama Anda dengan 3-4 perusahaan hosting yang berbeda, dan membuka akun pengecer dengan perusahaan hosting lain untuk 1) website kecil dan baru, 2) pengembangan web, dan 3) cadangan.

Hosting dengan terlalu banyak perusahaan hosting akan secara signifikan meningkatkan waktu dan kesulitan mengelola website, dan menggunakan satu perusahaan hosting juga bukan pilihan yang cerdas.

Justifikasi Strategi Hosting

Biaya –

Biaya Web hosting tidak menjadi masalah untuk menjalankan satu website apakah itu biaya Rp 75.000 atau Rp 375.000 per bulan. Perbedaannya hanya beberapa ratus ribu atau kurang dalam setahun. Itu selalu bagus dan cerdas untuk mendapatkan hasil maksimal dari setiap rupiah dalam melakukan bisnis.

Setidaknya, perbedaan beberapa ratus ribu tidak akan membuat atau menghancurkan bisnis. Jika Anda menjalankan 10 atau bahkan 50 website, biaya web hosting saja akan menentukan keberhasilan atau kegagalan petualangan online Anda.

Untuk memotong biaya hosting, opsinya adalah menggunakan akun hosting reseller untuk menghosting biaya kecil atau baru sebanyak yang Anda inginkan dengan biaya sekitar Rp 225.000 per bulan.

Anda meng-host satu atau 2 website utama dengan satu perusahaan hosting. Biaya akun shared hosting di bawah Rp 150.000 per bulan, dan dedicated server akan dikenakan biaya Rp 750.000 atau lebih per bulan.

Uptime –

Jika website pembuat roti dan mentega Anda tidak aktif selama beberapa jam, Anda akan kehilangan ratusan ribu dan bahkan lebih banyak lagi. Meskipun sebagian besar perusahaan hosting menjanjikan 99,9% uptime, tidak umum untuk melihat website down selama beberapa jam.

Sebuah website bisa down selama setengah hari atau bahkan lebih jika perusahaan hosting melakukan pembaruan besar-besaran. Perusahaan hosting dapat melakukan pembaruan di akhir pekan atau hari libur besar, tetapi saat itulah banyak website berorientasi keluarga dan perjalanan menghasilkan pendapatan mereka.

Jika Anda mampu menanggung kehilangan pendapatan, banyak pemilik website tidak dapat menanggung kerugian dan tekanan psikologis. Hosting website Anda dengan beberapa perusahaan hosting akan mengurangi risiko downtime.

Pengembangan Aplikasi –

Untuk aplikasi web sederhana, developer akan melakukan pengembangan di situs hosting produksi yang sama. Jika aplikasi e-commerce Anda rumit, melakukan pengembangan di situs produksi dapat menurunkan situs langsung terutama jika Anda sedang dalam proses mengubah file konfigurasi atau menginstal aplikasi yang disesuaikan.

Opsinya adalah menyiapkan website di akun pengecer Anda untuk pengembangan dan pengujian, dan pindahkan aplikasi ke akun produksi di server lain setelah selesai.

Cadangan –

Jika Anda tidak puas dengan perusahaan hosting, perusahaan hosting gulung tikar, atau server sering mati selama satu atau dua hari, Anda dapat dengan mudah beralih secara sementara atau permanen dari satu perusahaan hosting ke perusahaan hosting lainnya karena Anda sudah familiar dengan alat pengelolaan situs.

Jika Anda memiliki cadangan atau salinan sekunder yang berjalan di server lain, yang Anda perlukan untuk beralih adalah transfer domain, yang akan memakan waktu tidak lebih dari satu menit.

Bandingkan Sebelum Membeli

Ada terlalu banyak paket hosting untuk dipilih dari sejumlah besar perusahaan hosting – ASP Web Hosting, Budget Hosting, Dedicated Servers, eCommerce Hosting, FrontPage Web Hosting, Hosting With Templates, Managed Web Hosting, PHP Web Hosting, Reseller Hosting, Shared Hosting, Unix / Linux Hosting, Virtual Private Servers, Windows Hosting or Co-location Hosting. Bandingkan biaya, fitur hosting, catat pelacakan perusahaan hosting sebelum membuat komitmen. Semoga sukses dengan petualangan online Anda.

Subscribe To Our Newsletter

Dapatkan berita dan penawaran seputar Dunia Digital

Ingin memiliki website sendiri?

Kami siap membantu untuk mengelola website profesional Anda