Search
Close this search box.
Jasa Pembuatan Website, SEO & Digital Marketing - Wiselyproject

5 Aturan Dasar Web Development

Aturan dasar web development

Share This Post

5 Aturan Dasar Web Development. Aturan terpenting dalam web development adalah website harus mudah dibaca. Apa artinya ini? Anda harus memilih teks dan warna latar belakang dengan sangat hati-hati.

Jangan menggunakan latar belakang yang mengaburkan teks atau menggunakan warna yang sulit dibaca. Teks berwarna gelap pada latar belakang berwarna terang lebih mudah dibaca daripada teks berwarna terang pada latar belakang gelap.

Jangan mengatur ukuran teks terlalu kecil (sulit dibaca) atau terlalu besar. Semua huruf kapital juga dapat memberikan kesan meneriaki atau memarahi pengunjung website.

Jaga perataan teks utama Anda ke kiri, tidak miring. Teks rata tengah paling baik digunakan dalam headline. Anda tentunya ingin pengunjung merasa nyaman dengan apa yang mereka baca. Perhatikan detail aturan web development berikut.

Website harus mudah dinavigasi

Semua hyperlink Anda harus jelas bagi pengunjung. Gambar grafis, seperti tombol atau tab, harus diberi label yang jelas dan mudah dibaca. Desainer grafis web harus memilih warna, latar belakang, tekstur, dan efek khusus pada grafis web dengan sangat hati-hati. Lebih penting bahwa tombol dan tab navigasi Anda mudah dibaca dan dipahami daripada memiliki efek “mencolok”.

Warna tautan dalam teks harus familiar bagi pengunjung Anda (teks biru biasanya menunjukkan tautan yang belum dikunjungi dan teks ungu atau merah marun biasanya menunjukkan tautan yang dikunjungi), jika memungkinkan.

Jika Anda memilih untuk tidak menggunakan warna default, tautan teks harus ditekankan dengan cara lain (tebal, ukuran font lebih besar, diatur di antara garis vertikal kecil, atau kombinasi dari semuanya).

Tautan teks harus unik – tidak boleh terlihat sama dengan teks lain di halaman lain. Anda tentunya tidak ingin orang mengklik judul Anda karena mereka pikir judul tersebut adalah tautan.

Pengunjung harus dapat menemukan apa yang mereka cari di website maksimal dalam tiga klik. Jika tidak, mereka kemungkinan besar akan mengklik website lain.

Website harus mudah ditemukan

Bagaimana pengunjung Anda menemukan Anda secara online? Mitosnya:, “Jika saya membangun website, mereka akan datang,” masih menjadi kepercayaan umum di antara perusahaan dan organisasi yang baru mengenal Internet. Orang tidak akan datang ke website Anda kecuali Anda mempromosikan website baik secara online maupun offline.

Website dipromosikan secara online melalui mesin pencari, direktori, situs penghargaan, iklan spanduk, majalah elektronik, tautan dari situs web lain, social media dan lainnya. Jika Anda tidak terbiasa dengan salah satu istilah online tersebut, maka yang terbaik adalah mempromosikan website Anda dengan meminta bantuan seorang pemasar online yg profesional.

Website dipromosikan secara offline melalui metode periklanan konvensional: iklan cetak, radio, televisi, brosur, promosi dari mulut ke mulut, dll. Setelah Anda membuat website, semua materi cetak perusahaan Anda termasuk kartu nama, kop surat, amplop, faktur, dll, harus menyertakan alamat url website di atasnya.

Website tidak hanya harus mudah ditemukan, tetapi informasi kontak harus mudah ditemukan. Orang-orang ingin mengetahui bahwa ada seseorang di informasi website yang dapat membantu mereka jika:

  1. Mereka membutuhkan jawaban atas pertanyaan yang tidak tersedia di dalam website;
  2. Beberapa elemen di website tidak berfungsi dan pengguna akhir harus dapat memberi tahu Anda tentang hal itu, dan

Dengan memberikan semua informasi kontak yang relevan (alamat fisik, nomor telepon, dan alamat email), Anda juga menciptakan rasa aman bagi audience website. Mereka dapat menghubungi Anda dengan cara yang membuat mereka merasa paling nyaman.

Tata letak dan desain halaman website harus konsisten

Seperti halnya dalam dokumen apa pun yang diformat pada pengolah kata atau seperti dalam brosur, buletin, atau surat kabar apa pun yang diformat dalam program penerbitan desktop, semua gambar dan elemen grafis, tipografi, judul, dan footer harus tetap konsisten di seluruh website.

Konsistensi dan koherensi dalam dokumen apa pun, apakah itu laporan atau kumpulan halaman web, memproyeksikan citra profesional pada website Anda.

Misalnya, jika Anda menggunakan drop shadow sebagai efek khusus di poin-poin tertentu, maka harus menggunakan drop shadow di semua poin Anda. Warna tautan harus konsisten di seluruh halaman website. Tipografi dan warna latar belakang juga harus tetap sama di seluruh website.

Halaman web berkode warna, khususnya, membutuhkan konsistensi ini. Tipografi, perataan dalam teks utama dan judul, efek latar belakang, dan efek khusus pada grafik harus tetap sama.

Kecepatan download Website harus cepat

Penelitian telah menunjukkan bahwa pengunjung akan dengan cepat kehilangan minat pada website yang dikunjungi jika sebagian besar halaman tidak diunduh atau terbuka dalam waktu 15 detik. Bahkan website yang dipasarkan untuk pengguna kelas atas perlu mempertimbangkan waktu pengunduhan.

Terkadang, mengakses website papan atas sangat sulit dan memakan waktu, sehingga pengunjung sering kali mencoba mengakses situs tersebut selama jam kerja dari rumah mereka. Jika bisnis Anda tidak memiliki pengenalan nama merek yang baik, yang terbaik adalah menjaga kecepatan waktu download sesingkat mungkin.

Aplikasi yang baik dari aturan ini adalah menambahkan animasi ke website. Tentu, animasi terlihat “keren” dan pada awalnya menarik perhatian, tetapi grafik animasi cenderung berupa file besar.

Uji waktu pengunduhan halaman Anda terlebih dahulu. Jika waktu pengunduhan halaman Anda relatif singkat dan penambahan animasi tidak meningkatkan waktu pengunduhan halaman, maka animasi boleh digunakan.

Baca Juga: Panduan Dasar Google Analytics

Terakhir

sebelum Anda mempertimbangkan preferensi pribadi dari desain halaman website dalam web development, Anda harus mempertimbangkan semua aturan di atas dan menyesuaikan preferensi pribadi Anda. Sikap seperti “Saya tidak suka tampilannya” harus selalu menjadi yang kedua dari fungsi website Anda.

Mana yang lebih penting: ekspresi kreatif/citra perusahaan atau menjalankan bisnis yang sukses?

Subscribe To Our Newsletter

Dapatkan berita dan penawaran seputar Dunia Digital

Ingin memiliki website sendiri?

Kami siap membantu untuk mengelola website profesional Anda