Jasa Pembuatan Website, SEO & Digital Marketing - Wiselyproject

WordPress Blok Editor vs Page Builder: Apa Perbedaannya?

Wordpress Blok Editor VS Page Builder

Share This Post

Pada artikel ini, kami akan membandingkan Blok Editor vs Page Builder WordPress sehingga Anda dapat memahami perbedaan di antara keduanya.

Blok Editor WordPress memiliki kemampuan pengeditan website, apakah itu dapat menggantikan plugin page builder drag and drop WordPress?

Blok Editor WordPress cukup intuitif dan dapat digunakan untuk membuat tata letak konten yang indah. Namun, apakah masih kurang kuat jika disandingkan dengan plugin page builder.

Blok Editor WordPress vs Page Builder (Penjelasan)

Blok Editor adalah editor WordPress yang memang sudah berada dalam wordpress. Ini menggunakan blok (karenanya namanya, Blok Editor) untuk membuat elemen website pada umumnya.

Saat Anda membuat postingan dan halaman di website WordPress, Anda dapat menambahkan dan mengedit konten menggunakan Blok Editor. Blok Editor juga dapat digunakan di semua area widget. Dan sekarang beberapa tema, yang disebut “block themes”, bahkan mendukung penggunaan Blok Editor di semua area website Anda.

Karena Blok Editor memungkinkan Anda membuat tata letak konten menggunakan blok, mudah untuk mencampurnya dengan drag and drop.

Namun, itu bahkan tidak mendekati konsep plugin yang disebut page builder. Plugin WordPress Page Builder adalah alat desain drag and drop yang memungkinkan Anda membuat templat website WordPress khusus tanpa kode apa pun.

Page builder WordPress paling populer seperti SeedProd, Beaver Builder, Divi, Elementor dan Visual Composer secara signifikan lebih kuat.

Mereka datang dengan template siap pakai yang dapat Anda gunakan dan menawarkan lebih banyak fleksibilitas desain daripada Blok Editor WordPress.

Untuk lebih memahami, mari kita lihat lebih dekat perbedaan antara Blok Editor WordPress vs Page builder.

Perbedaan Utama Antara Blok Editor dan Plugin Page Builder

Perbedaan utama adalah bahwa Blok Editor memiliki inti WordPress bawaan sebagai editor default.

Di sisi lain, plugin page builder dibuat dan didukung oleh pengembang pihak ketiga.

Tim WordPress.org tidak merujuk ke editor default sebagai page builder. Sebaliknya, itu disebut Editor Blok dan disajikan sebagai cara modern untuk mengedit website Anda di WordPress.

Ada alasan besar untuk hal ini dan menjadi sangat jelas ketika Anda membaca perbedaan antara keduanya.

1. Kompatibilitas dan dukungan tema

Blok Editor WordPress tergantung pada gaya tema. Itu menambahkan CSS Anda sendiri dan bahkan memungkinkan Anda menambahkan CSS khusus ke blok, tetapi itu tidak mengesampingkan pengaturan gaya dan tema Anda.

Sementara plugin page builder dapat bekerja sesuai dengan gaya tema Anda, mereka juga memberi Anda kemampuan untuk sepenuhnya mengambil alih halaman dan mengganti gaya tema Anda.

Beberapa pembuat website WordPress seperti SeedProd sepenuhnya agnostik tema. Ini berarti halaman yang dibuat dengan SeedProd akan terlihat sama meskipun Anda mengganti tema WordPress.

Ini sangat berguna jika Anda ingin membuat tata letak khusus untuk semua halaman di website Anda.

2. Blok dan Widget

Editor blok WordPress hadir dengan serangkaian blok default yang layak yang mencakup semua elemen konten yang umum digunakan. Anda juga dapat menyimpan blok dan menggunakannya di posting lain dan bahkan di website WordPress lainnya.

Ini memiliki API yang kuat yang memungkinkan pengembang plugin untuk membuat blok mereka sendiri. Semua plugin WordPress paling populer juga memiliki blok WordPress sendiri yang dapat Anda gunakan.

Di sisi lain, page builder WordPress berisi lebih banyak blok.

Mereka menawarkan elemen konten lanjutan seperti carousel, slider, cta, formulir kontak, pengatur waktu, dan lainnya.

Anda juga dapat menyimpan blok individu, baris atau seluruh model untuk digunakan nanti.

3. Opsi gaya dan pemformatan

Di editor blok WordPress, blok memiliki opsi gaya dan pemformatan sendiri. Namun, kemungkinan ini terbatas.

Jika Anda menginginkan lebih banyak gaya dan pemformatan, Anda perlu menambahkan CSS khusus Anda sendiri ke blok.

Page Builder, di sisi lain, menawarkan lebih banyak opsi gaya secara default.

Anda dapat mengubah warna latar belakang blok, menggunakan gradien, menggunakan font, memilih font, tinggi garis, menyesuaikan lebar elemen, menerapkan gaya ke gambar, dan banyak lagi.

4. Templat, Pattern dan Bagian

Editor Blok berisi templat, yang merupakan kumpulan blok yang dapat digunakan untuk menambahkan area blog WordPress yang sering digunakan dengan cepat.

Misalnya, Anda dapat menggunakan templat blok untuk header, tombol ajakan bertindak, kolom, dan lainnya.

Tema WordPress Anda dapat memiliki template sendiri. Anda juga dapat mencari dan menginstal template dari perpustakaan template WordPress.org.

Jika Anda menggunakan tema blok (tema yang mendukung pengeditan seluruh website), Anda juga dapat mengedit tema template. Tema WordPress Anda mungkin memiliki template yang dapat Anda edit menggunakan editor blok.

Namun, template ini bersifat generik dan menyediakan fungsionalitas untuk menampilkan halaman standar website WordPress standar.

Page Builder WordPress menyertakan lebih banyak templat dan bagian atau templat yang sudah jadi.

Tidak seperti editor blok, bagian dan template ini tidak bergantung pada bentuk tema WordPress.

Sebagian besar plugin pembuat halaman WordPress hadir dengan lusinan templat siap pakai yang dioptimalkan untuk konversi.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan template untuk jenis bisnis dan website tertentu, yang membuatnya lebih cepat untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda sendiri.

5. Fitur Drag and Drop

Editor blok WordPress bukanlah alat drag and drop (setidaknya dalam bentuknya saat ini).

Anda dapat menambahkan blok dan memindahkannya ke atas dan ke bawah, tetapi Anda tidak dapat menyesuaikan lebar/tingginya dengan mouse, memindahkan blok di samping satu sama lain, atau membuat tata letak yang rumit.

Block Editor memiliki grup blok dan kolom untuk membantu Anda membuat tata letak halaman yang indah.

Di sisi lain, page builder memungkinkan Anda untuk drag and drop blok/widget, menyesuaikan tinggi dan lebarnya, membuat kolom dan menempatkan blok di dalam blok lain.

Fitur drag and drop ini memungkinkan Anda mendesain halaman dan menyempurnakan website dengan mudah.

6. Editor Situs Lengkap Vs. WordPress Page builder

Anda juga dapat menggunakan Blok Editor untuk mengedit tema WordPress. Namun, untuk mencoba ini, Anda memerlukan tema WordPress yang mendukung editor situs lengkap.

Editor website lengkap untuk WordPress mencakup blok lintas situs seperti blok survei, logo website, menu navigasi, dan lainnya.

Anda dapat mengedit templat seperti header, footer, beranda, dan lainnya.

Namun, fitur pengeditan situs lengkap memerlukan penggunaan tema yang didukung atau support tema. Perubahan akan hilang jika kita mengganti tema WordPress.

Di sisi lain, plugin pembuat halaman WordPress memungkinkan Anda membuat halaman individual untuk membangun website. Mereka dapat bekerja dengan tema WordPress apa pun dan Anda dapat beralih di antara tema WordPress.

Plugin pembuat tema WordPress SeedProd bahkan dapat membantu Anda membuat tema WordPress kustom tanpa kode apa pun.

Anda dapat dengan mudah mengedit bagian atau halaman mana pun dari tema Anda dengan drag and drop. Bahkan memungkinkan Anda memilih mode tampilan untuk setiap model. Misalnya, Anda dapat menampilkan bilah sisi yang berbeda untuk berbagai bagian di situs Anda.

14-sp-themebuilder

7. Tujuan Pengembangan

Editor blok default untuk WordPress dirancang untuk memudahkan pembuatan konten dan pengeditan website. Ini dirancang untuk digunakan oleh semua orang, termasuk blogger, penulis, fotografer, dan bisnis.

Plugin Page Builder menawarkan kemampuan untuk membuat halaman yang berorientasi konversi dan penjualan tanpa banyak usaha. Mereka dimaksudkan untuk digunakan oleh usaha kecil, desainer pemula, agensi WordPress, toko online, dan banyak lagi.

Editor blok membantu Anda membuat konten yang lebih baik, sedangkan plugin page builder membantu Anda membuat halaman arahan yang lebih baik yang membantu meningkatkan penjualan, meningkatkan pelanggan, dan mengembangkan bisnis Anda.

Bisakah Blok Editor Menggantikan Page builder WordPress?

Dengan demikian, Blok Editor adalah editor konten yang hebat dan ini cara mudah untuk mengedit dan menyesuaikan tema WordPress.

Namun, ini bukan sebagai pengganti plugin page builder drag-and-drop yang kuat.

Jadi ini adalah jalan perkembangan WordPress untuk memperluas fitur pengeditan dalam memajukan dan mengembangakan fitur wordpress.

Kita harus menunggu dan melihat peningkatan untuk menentukan apakah editor blok mampu mendekati plugin page builder WordPress yang kuat.

Plugin Page Builder mana yang digunakan dengan editor blok?

Semua plugin page builder WordPress paling populer bekerja dengan baik dengan editor blok WordPress. Anda dapat melihat pilihan plugin pembuat halaman WordPress terbaik dan kompatibilitasnya.

Jika Anda mencari pembuat website WordPress yang mudah digunakan dan kuat, kami merekomendasikan elementor pro atau wp bakery. Ini menawarkan aplikasi drag-and-drop dan lebih dari 200 tema bawaan untuk membuat semua jenis halaman arahan tanpa pengkodean.

Baca Juga: Plugin Page Builder WordPress Terbaik

Plugin ini ringan dan memastikan halaman Anda dimuat dengan cepat, membantu Anda mencapai SEO yang lebih baik. Ini juga terintegrasi dengan layanan pemasaran email populer.

Kami harap artikel ini membantu Anda memahami perbedaan antara Block Editor dan WordPress Page Builder. Anda juga dapat melihat panduan kami tentang berapa biaya untuk membangun website WordPress.

Baca Juga: Harga Jasa Buat Web WordPress

Jika Anda menikmati artikel ini, silakan subscribe website kami dengan mengisi kolom subscribe berikut.

thanks to: wpbegginer

Subscribe To Our Newsletter

Dapatkan berita dan penawaran seputar Dunia Digital

Ingin memiliki website sendiri?

Kami siap membantu untuk mengelola website profesional Anda