Search
Close this search box.
Jasa Pembuatan Website, SEO & Digital Marketing - Wiselyproject

5 Kesalahan Web Development Pada Bisnis Kecil

kesalahan web development pada bisnis kecil

Share This Post

Jika Anda memiliki bisnis, membuat website adalah hal yang umum dilakukan untuk mengembangkan bisnis. Karena dengan adanya website Anda dapat menjual produk dan jasa keseluruh penjuru dunia, tanpa harus report2 bepergian jauh untuk mengenalkan produk atau jasa.

Tetapi dalam membuat website harus benar-benar diperhatikan dalam struktur dan pengembangannya, karena jika tidak Anda hanya membuang biaya tanpa mendapatkan hasil yang maksimal.

Didalam artikel ini akan disampaikan kesalahan web development apa saja yang harus dihindari, terutama jika Anda sedang mengembangkan bisnis ataupun memiliki bisnis kecil.

Berikut beberapa kesalahan yang harus dihindari saat memilih atau membangun website

1) Tidak Ada Nilai – Terlalu Sederhana

Ini mungkin kesalahan paling umum yang dilakukan oleh pemilik usaha kecil online. Website ini memiliki sedikit nilai untuk layanan atau produk yang mereka tawarkan. Seringkali dimulai sebagai situs “brosur”. Artinya materi pemasaran offline mereka saat ini diletakkan online.

Sayangnya banyak website tidak pernah maju melewati titik ini. Sekarang jangan salah paham, setidaknya ini adalah permulaan, tetapi itu mungkin tidak cukup. Anda perlu memperhatikan dan menanyakan apakah ada sesuatu yang bernilai nyata bagi pelanggan begitu mereka tiba di sana.

Apakah itu melampaui informasi kontak dan penawaran layanan Anda? Apakah perlu? Anda dapat membuat website brosur, tetapi Anda mungkin akan segera menemukan bahwa itu tidak mendapatkan hasil yang Anda harapkan.

2) Overkill – Terlalu Berlebihan

Kesalahan ini berjalan ke arah yang berlawanan. Website ini terbagi dalam dua kategori: Mereka begitu berat dengan konten sehingga pelanggan mengatakan “oh tidak, saya tidak ingin bekerja sekeras ini” atau website tersebut terlalu “berteknologi berlebihan”.

Website pertama menderita karena kurangnya kategorisasi dan navigasi yang tepat. Mungkin perancang membuat terlalu banyak bacaan di website – Ini membingungkan audience.

Website kedua, bandwidth berlebihan, mengalami intro flash yang lama, animasi film yang berlebihan, dan semua ini terjadi pada saat yang bersamaan. Anda hampir dapat mendengar pelanggan berteriak “Saya hanya ingin menjadwalkan janji temu online”. Bukan melihat animasi yg berlebihan.

3) Tidak Ada Target Pasar

Target pasar sangat penting dalam membuat website Anda. Dengan adanya target maka semua sistem, konten dan sebagainya dapat ditentukan ke arah yg lebih tepat

4) Website Gratis

Ya, semua orang meginginkannya. Website gratis! Siapapun dapat memilikinya seperti memberikan magnet promosi untuk kulkas saya (sebenarnya magnet promosi jauh lebih efektif). Tidak ada biaya, desain dalam hitungan menit. Namun, sebagian besar tidak berarti apa-apa dan hanya membuang-buang waktu dan tenaga.

5) Terlalu Mahal dan Sulit Diubah

Pemilik bisnis mencari sesuatu yang benar-benar “istimewa”. Biaya bukanlah masalah. Kesalahan web development ini dapat memiliki konsekuensi yang signifikan karena Anda dapat menghabiskan banyak uang dan kemudian menyadari bahwa Anda membutuhkan sesuatu yang berbeda. Pastikan mendapatkan website yang dapat di ubah dengan mudah.

Pastikan ANDA melihat betapa mudahnya untuk dirubah sebelum disetujui. Website menawarkan Anda kesempatan untuk mencoba berbagai ide, promosi, dan layanan dengan cepat.

Pemilik usaha kecil enggan untuk mendesain ulang atau mengubah website karena biaya dan pengalaman. Pastikan bahwa Website yang Anda beli minimal berbasis database, mendukung template, dan dapat diubah oleh siapa saja.

Dalam hal ini Anda dapat menggunakan wordpress dalam pengembangan website, karena update kontennya sangat mudah dilakukan serta biaya maitenance tidak begitu mahal. Anda cukup mempekerjakan seorang wordpress developer untuk membantu mengembangkan bisnis kecil Anda.

Subscribe To Our Newsletter

Dapatkan berita dan penawaran seputar Dunia Digital

Ingin memiliki website sendiri?

Kami siap membantu untuk mengelola website profesional Anda