Search
Close this search box.
Jasa Pembuatan Website, SEO & Digital Marketing - Wiselyproject

Cara Memulai Blog WordPress Untuk Pemula (Update 2023)

Cara memulai blog wordpress untuk pemula

Share This Post

Ingin memulai blog WordPress dan mulai menghasilkan?

Kami tahu memulai sebuah blog bisa menjadi pemikiran yang menakutkan, terutama jika Anda bukan seorang programer. Coba tebak, Anda tidak sendirian.

Setelah membantu lebih dari 400.000 pengguna membuat blog, kami memutuskan untuk membuat panduan langkah demi langkah untuk membuat blog WordPress untuk pemula tanpa pengetahuan teknis.

Prosesnya mudah diikuti mulai dari usia 20-an atau 60-an. Namun, jika Anda memerlukan bantuan, tim ahli kami dapat membantu Anda membuat blog.

Klik di sini untuk membuat blog WordPress!

Apa yang Anda butuhkan untuk memulai blog WordPress?

Ada tiga hal yang Anda butuhkan untuk membuat blog WordPress:

  • Nama domain (ini akan menjadi nama blog Anda yaitu seperti wiselyproject.com
  • Website Hosting (inilah tempat website Anda berada di internet
  • Perhatian penuh Anda pada artikel ini selama 30 menit kedepan.

Ya, Anda membacanya dengan benar. Anda dapat memulai blog dari awal dalam waktu kurang dari 30 menit, dan kami akan memandu Anda melalui seluruh proses, langkah demi langkah.

Dalam tutorial ini, kita akan membahas:

– Mendaftar Nama Domain

– Memilih Web Hosting Terbaik

– Memasang dan Mengatur Blog WordPress

– Mengubah Template Desain Blog Anda

– Menulis Posting Blog Pertama Anda

– Menyesuaikan Blog WordPress dengan Plugin

– Menambahkan Formulir Kontak

– Menyiapkan Pelacakan Google Analytics

– Mengoptimalkan website Anda untuk SEO

– Menghasilkan Uang Dari Blog Anda

# Langkah 1. Pilih Nama Domain dan Platform Blog Anda

Kesalahan terbesar yang dilakukan pemula ketika memulai sebuah blog adalah memilih platform blogging yang salah. Untungnya, Anda ada di sini dan Anda tidak akan membuat kesalahan itu.

Untuk 95% pengguna, lebih masuk akal untuk menggunakan WordPress.org, juga dikenal sebagai WordPress yang dihosting sendiri.

Ini karena WordPress adalah open source, yang berarti 100% gratis untuk digunakan. Anda dapat menginstal plugin, menyesuaikan tampilan blog Anda, dan yang terpenting, memonetisasi blog Anda tanpa batasan (lihat perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org).

WordPress juga merupakan website pertama yang digunakan oleh semua blog yang sukses. Misalnya, 43% dari semua website di Internet menggunakan WordPress!

Sekarang Anda mungkin bertanya mengapa WordPress gratis? Ini kedengaranya terlalu bagus bukan?

Ini gratis karena Anda harus menginstal dan menghostingnya sendiri.

Dengan kata lain, Anda memerlukan nama domain dan website hosting.

Nama domain adalah apa yang diketik orang untuk membuka website Anda. Ini adalah alamat blog Anda di Internet. Pikirkan google.com atau facebook.com

Web hosting adalah lokasi file website Anda. Ini adalah rumah dari website Anda di Internet. Setiap blog membutuhkan website hosting.

Sebuah domain baru biasanya berharga sekitar Rp 150.000 – Rp 445.000 per tahun dan paket hosting web biasanya berharga Rp 20.000 – Rp 1.000.000 per bulan.

Wiselyproject, sebagai penyedia hosting resmi yang direkomendasikan WordPress, bisa diggunakan untuk menginstal wordpress

→ Klik di sini untuk mendapatkan Nama Domain

→ Klik di sini untuk Website Hosting

# Langkah 2. Instal Wordpres Blogging Software

Setelah Anda memiliki Nama Domain dan Website Hosting Anda dapat mempelajari cara instal Wodpress berikut. Ketika sudah membeli Hosting Anda akan diberikan link url cPanel oleh penyedia hosting, contoh: namadomainanda.com/cPanel.

→ Klik di sini untuk cara instal wordpress (Lengkap)

Kami akan menunjukkan cara menginstal WordPress menggunakan ketiga softaculous otomatis. Anda dapat mengikuti petunjuk berdasarkan penginstal yang ditampilkan di panel kontrol

Instal WordPress dengan Softaculous

Softaculous adalah penginstal otomatis yang populer. Ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah menginstal website populer seperti WordPress dengan beberapa klik.

Cukup masuk ke akun cPanel Anda dan cari ikon instalasi Softaculous atau WordPress. Anda dapat menemukannya di bawah Autoinstallers.

01.-Ikon-Softaculous

Mengklik salah satu ikon ini akan meluncurkan penginstal WordPress Softaculous otomatis. Pertama, Anda akan melihat gambaran umum WordPress. Anda harus mengklik tab Instal untuk melanjutkan.

02.-softaculous-install-wp

Untuk melanjutkan menginstal WordPress dengan Softaculous, klik tab Instal
Softaculous sekarang akan menanyakan di mana Anda ingin menginstal WordPress. Pilih http:// atau http://www. sebagai protokol.

Jika situs Anda memiliki SSL dan HTTPS, Anda dapat memilih https:// atau https://www. sebagai protokol.

Setelah itu, Anda harus memilih domain tempat Anda ingin menginstal WordPress. Sebagian besar pengguna lebih suka menginstal WordPress di direktori root domain mereka, seperti.com. Dalam hal ini, Anda harus memastikan bahwa bidang “Dalam Folder” kosong.

Gulir ke bawah sedikit dan Anda akan melihat bagian pengaturan situs.

03.-softaculoussitesettings

Di bagian ini, Anda harus terlebih dahulu memberikan judul dan deskripsi untuk website WordPress Anda. Jangan khawatir, Anda dapat dengan mudah mengubahnya di area admin WordPress Anda setelah instalasi.

Selanjutnya, Anda harus memilih nama pengguna administratif, kata sandi, dan alamat email. Softaculous akan secara otomatis mengisi kolom username dan password untuk Anda. Ini menggunakan kata non-kamus sebagai nama pengguna dan kata sandi yang kuat.

Pastikan Anda mengetik alamat email yang benar di kolom email admin. Di sini, WordPress akan mengirimi Anda pemberitahuan reset kata sandi dan tautan jika Anda lupa kata sandi Anda.

Opsi tampilan lainnya bersifat opsional. Anda sekarang dapat menjalankan penginstal dengan mengklik tombol instal.

04.-softaculousoptionalsettings

Softaculous akan menjalankan penginstal berdasarkan pengaturan yang Anda berikan. Anda akan melihat proggres bar yang menunjukkan status pemasangan. Ini akan memakan waktu beberapa menit. Jangan tutup jendela sampai proggres bar mencapai 100%, jika tidak, instalasi WordPress Anda mungkin akan terpengaruh.

05.-softaculousprogress

Ketika instalasi selesai, Anda akan melihat pesan selesai. Ini juga menampilkan tautan ke website Anda dan area admin WordPress.

06.-Instalasi-WordPress-Softaculous-selesai

Setelah melakukan semua proses diatas Anda dapat melanjutkan ke tahapan berikutnya.

Note: wiselyproject telah bekerja membuat website dengan WordPress sejak 2015. Jika Anda tidak dapat membuat blog Anda online dalam waktu 30 menit dengan mengikuti tutorial ini, maka tim ahli kami akan menyelesaikan prosesnya untuk Anda tanpa biaya apa pun (Dengan syarat Anda menggunakan Hosting dari Wiselyproject).

Hubungi kami untuk bantuan instal wordpress blog gratis.

# Langkah 3. Memilih Tema WordPress

Tampilan visual blog WordPress Anda dikendalikan oleh tema blog. Ketika Anda pertama kali mengunjungi blog Anda, tampilannya akan seperti ini:

Ini tidak terlalu menarik bagi kebanyakan orang.

Menyesuaikan tampilan dan nuansa blog Anda sejauh ini merupakan salah satu bagian yang paling menarik dan bermanfaat dalam perjalanan membuat blog WordPress.

Ada ribuan tema WordPress siap pakai yang dapat Anda instal di website Anda. Beberapa di antaranya adalah tema gratis, sementara yang lain adalah tema premium berbayar.

Anda dapat mengubah tema Anda dengan masuk ke dasbor WordPress Anda dan mengklik Appearance »Themes.

Klik tombol Tambah Baru.

Di layar berikutnya, Anda akan dapat mencari dari 9.100+ tema WordPress gratis yang tersedia di direktori tema resmi WordPress.org. Anda dapat mengurutkan berdasarkan populer, terbaru, unggulan, serta filter fitur lainnya (yaitu industri, tata letak, dll).

Anda dapat mengarahkan mouse ke tema baru, dan Anda akan melihat tombol Pratinjau. Mengkliknya akan membuka pratinjau tema di mana Anda dapat melihat bagaimana desain akan terlihat di situs web Anda.

Pratinjau tema mungkin tidak terlihat persis seperti yang ditunjukkan pada layar, yang mana ini adalah normal karena Anda akan dapat menyesuaikan dan mengaturnya nanti. Yang perlu Anda cari adalah desain, warna, tipografi, dan elemen lainnya.

Tip terbaik untuk memilih tema WordPress yang sempurna adalah mengupayakan kesederhanaan dalam desain. Ini membantu Anda menjaga semuanya tetap bersih dan jelas dan ini akan memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna Anda.

Ketika Anda telah menemukan tema yang Anda sukai, hover mouse Anda ke atasnya, dan itu akan menampilkan tombol Install. Klik di atasnya dan tunggu tema dipasang. Setelah itu, tombol install akan diganti dengan tombol Activate. Anda perlu mengkliknya untuk mengaktifkan tema.

Setelah Anda menginstal tema Anda, Anda dapat menyesuaikannya dengan mengklik tautan Kustomisasi di bawah menu Penampilan.

Tergantung pada tema yang Anda pilih, akan ada widget bawaan dan opsi penyesuaian yang memungkinkan Anda mengubah desain blog Anda.

Anda bahkan bisa mendapatkan lebih banyak kontrol desain dengan Page Builder WordPress seperti Elementor atau WPBakery yang memungkinkan Anda membuat header, footer, sidebar, dan lainnya khusus tanpa menulis kode HTML apa pun.

Plugin ini memberi Anda lebih banyak kontrol desain dan memberi Anda kebebasan penuh dari sistem manajemen konten WordPress yang kuat.

elementor-plugin-page-builder-wordpress

→ Klik di sini untuk Belajar Elementor

→ Klik di sini untuk Belajar WPBakery

Setelah memilih tema WordPress, Anda sekarang siap untuk membuat postingan blog pertama Anda.

# Langkah 4. Membuat Postingan Blog Pertama Anda

Untuk menulis postingan blog pertama, klik menu Posts » Add New di dashboard WordPress.

Anda akan melihat area editor tempat Anda menulis posting blog.

WordPress menggunakan editor berbasis blok yang memungkinkan Anda membuat tata letak konten yang indah untuk postingan blog.

Setelah selesai menulis, lanjutkan dan klik tombol Terbitkan di sudut kanan atas layar untuk membuat postingan blog Anda terlihat oleh publik.

# Langkah 5. Plugin dan kustomisasi

Setelah Anda menulis postingan blog pertama, Anda ingin mulai menambahkan elemen standar lainnya ke websiteb Anda, seperti halaman kontak, galeri, slider, daftar email, forum, dll.

Untuk menambahkan semua fitur tambahan ini, Anda perlu menggunakan plugin.

Plugin WordPress adalah aplikasi yang memungkinkan Anda menambahkan fitur baru ke website Anda (tanpa menulis kode apa pun).

Direktori Plugin WordPress Gratis memiliki lebih dari 59.000 plugin WordPress. Ini berarti bahwa apa pun yang ingin Anda capai, ada plugin untuk itu.

Kami memiliki petunjuk langkah demi langkah tentang cara menginstal plugin WordPress.

→ Klik di sini untuk Cara Instal Plugin

Mari kita lihat bagaimana Anda dapat menambahkan fitur penting ke blog WordPress Anda dengan sebuah plugin.

Cara Buat Formulir Kontak di WordPress

Setiap website membutuhkan formulir kontak. Ini memungkinkan pengguna untuk mengirim email kepada Anda secara langsung. Karena WordPress tidak memiliki formulir kontak bawaan, Anda memerlukan plugin pembuat formulir WordPress untuk menambahkan formulir kontak ke website Anda.

Kami merekomendasikan menggunakan plugin WPForms Lite. Ini adalah versi gratis dari plugin WPForms yang populer, yang merupakan #1 di daftar plugin formulir kontak terbaik kami untuk WordPress.

WPForms digunakan oleh lebih dari 5 juta website!

Untuk menginstal plugin, buka Plugins » Add New dan ketik WPForms di kolom pencarian. Selanjutnya, Anda perlu mengklik “Instal” dan kemudian “Aktifkan”. Setelah aktivasi, Anda harus pergi ke WPForms » Tambah Halaman Baru untuk membuat formulir pertama Anda.

Ini akan membuka tampilan setup WPForms.

Pertama, Anda perlu memasukkan nama untuk formulir kontak Anda dan kemudian klik pada templat ‘Formulir Kontak Sederhana’.

WPForms membuat formulir kontak sederhana untuk Anda dengan semua bidang yang diperlukan. Anda dapat mengklik bidang apa saja untuk mengubahnya, atau menambahkan bidang baru dari kolom kiri.

Setelah Anda selesai mengedit formulir, klik tombol simpan di sudut kanan atas dan kemudian keluar dari pembuat formulir.

Anda sekarang dapat membuat halaman baru di WordPress dengan membuka Halaman » Tambah Baru dan beri nama ‘Kontak’. Pada layar edit, Anda harus memasukkan blok WPForms ke dalam editor.

Setelah itu, pilih formulir yang Anda buat sebelumnya dari menu drop down dan WPForms akan memuat pratinjau langsung formulir di editor.

Anda sekarang dapat menyimpan dan menerbitkan halaman dan mengunjunginya di browser Anda untuk melihat formulir kontak.

Ini adalah praktik terbaik untuk menguji formulir, untuk memastikan Anda menerima pemberitahuan.

Sebagai seorang blogger, bagian terbaik tentang WPForms adalah ia tumbuh bersama Anda. Selain formulir kontak sederhana, Anda juga dapat menggunakannya untuk membuat survei pembaca, poling, formulir pengiriman posting tamu, dan banyak lagi.

Cara Setup Tarcking Google Analytics

Google Analytics membantu Anda melihat berapa banyak orang yang mengunjungi blog Anda, dari mana mereka berasal, dan apa yang mereka lakukan di website Anda.

Google Analytics paling baik dipasang saat Anda membuat blog untuk melihat seberapa besar perkembangan blog Anda dari waktu ke waktu.

Pertama, Anda perlu mengunjungi website Google Analytics dan masuk dengan akun Gmail Anda.

Setelah Anda masuk, Anda dapat mendaftar untuk mendapatkan akun Google Analytics gratis.

Anda akan diminta untuk memberikan informasi dan URL website Anda. Setelah itu, Anda akan disajikan dengan kode pelacakan Google Analytics.

Anda dapat berhenti di sini karena kami akan menggunakan plugin otomatis untuk mengambil dan menambahkan kode ini ke blog Anda (bersama dengan menyiapkan pelacakan WordPress yang tepat).

Balik lagi ke area admin WordPress Anda untuk menginstal dan mengaktifkan plugin MonsterInsights. Ini adalah versi gratis dari plugin Google Analytics terbaik untuk WordPress, dan ini adalah cara termudah untuk menambahkan Google Analytics di situs Anda (dipercaya oleh lebih dari 3 juta website).

Setelah aktivasi, Anda perlu mengunjungi halaman Insights » Settings untuk mengonfigurasi pengaturan plugin.

Pada halaman pengaturan, klik tombol ‘Hubungkan MonsterInsights’ untuk menghubungkan Google Analytics ke website WordPress Anda.

Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan penyiapan. Setelah selesai, Anda akan dapat melihat laporan analitik website Anda langsung dari dasbor WordPress Anda di bawah tab MonsterInsights.

→ Klik di sini untuk instruksi Cara Instal Google Analytics di WordPress (Untuk Pemula)

Cara Mengoptimalkan Blog WordPress Anda untuk SEO

Kebanyakan pemula tidak mengoptimalkan SEO saat membuat blog. SEO atau Search Engine Optimization membantu pengguna menemukan blog Anda di mesin pencari.

Jika Anda ingin lebih banyak trafik, penting bagi Anda untuk mengoptimalkan blog Anda untuk optimasi mesin pencari dari awal.

Untuk memulai, Anda harus menginstal dan mengaktifkan plugin All in One SEO terlebih dahulu. Ini adalah plugin SEO WordPress lengkap yang membantu Anda mengoptimalkan blog Anda.

Plugin ini dilengkapi dengan wizard pengaturan cepat untuk membantu Anda mengatur. Ini membantu Anda membuat peta website WordPress, menulis kata kunci dan deskripsi meta yang tepat, menambahkan markup skema, dan banyak lagi.

Kami juga menyarankan Anda untuk mengikuti panduan SEO WordPress langkah demi langkah untuk mengatur SEO blog Anda.

Sekarang ada plugin SEO lain seperti Yoast SEO, RankMath dll tapi kami merekomendasikan AIOSEO karena menawarkan antarmuka yang paling ramah untuk pemula atau blogger baru.

Selain plugin SEO WordPress, Anda dapat lebih mengoptimalkan konten blog Anda dengan alat penelitian kata kunci. Alat SEO ini akan membantu Anda menemukan ide konten baru yang dicari orang tentang topik Anda.

Anda bahkan dapat melihat kata kunci yang tepat untuk peringkat pesaing Anda sehingga Anda dapat membuat konten yang lebih baik dan mengalahkan mereka.

Ini akan membantu Anda memaksimalkan trafik ke situs blog baru Anda sejak awal.

Plugin Lainnya dan kustomisasi WordPress

Anda dapat menginstal lebih banyak plugin WordPress. Untuk pemula, seringkali perlu menemukan plugin yang diperlukan.

Inilah beberapa pilihan dari plugin WordPress terbaik yang harus Anda coba.

  • Backup – UpdraftPlus adalah plugin backup WordPress terbaik. Anda harus membuat cadangan rutin website jika terjadi kesalahan.
  • Security – Sucuri Security adalah pemindai keamanan gratis untuk WordPress.
  • Performa – Untuk mempercepat WordPress, sebaiknya gunakan WP Rocket (tambahan) atau WP Super Cache (gratis).
  • Desain dan Kustomisasi – Sebaiknya gunakan pembuat halaman elementor atau wpbakery untuk menyesuaikan tampilan beranda Anda, membuat halaman arahan kustom, atau bahkan membuat tema kustom (tanpa menulis kode).
  • Trafik dan Pelanggan – Sebaiknya gunakan pemberitahuan push PushEngage. Ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan pengunjung Anda setelah mereka meninggalkan website.
  • Pemasaran Email – Kami merekomendasikan penggunaan Kontak Konstan atau HubSpot sebagai layanan pemasaran email Anda. Untuk meningkatkan pelanggan email Anda, sebaiknya gunakan plugin OptinMonster gratis untuk membuat pop-up dengan konversi tinggi, scroll boxes, dan call to actions.

Butuh lebih banyak rekomendasi? Lihat rekomendasi tentang plugin dan alat WordPress yang harus dimiliki untuk setiap website bisnis

→ Klik di sini untuk Plugin WordPress Terbaik Untuk Bisnis

# Langkah 6. Hasilkan Uang Dengan Blog Anda

Sekarang setelah Anda membuat blog pribadi dan menyesuaikannya dengan keinginan Anda, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana saya bisa menghasilkan uang dengan blog?

Ada banyak cara berbeda untuk memonetisasi blog Anda. Tetapi tidak ada skema seperti skema cepat kaya.

Jangan terkecoh dengan gambar mobil dan rumah mewah karena semuanya palsu.

Tidak seperti artikel “menghasilkan uang secara online” lainnya, kami telah menyusun panduan paling komprehensif untuk menghasilkan uang dari blog WordPress Anda.

Selama Anda mau bekerja keras dan berusaha, Anda akan dihargai. Ingat, tidak ada jalan pintas.

Berikut adalah beberapa cara terbaik untuk memonetisasi blog Anda.

1. Google AdSense

Banyak blogger mendapatkan uang dengan menampilkan iklan di blog mereka. Jika Anda menjalankan blog dengan mempertimbangkan monetisasi, Google AdSense adalah cara terbaik untuk melakukannya.

Ini adalah platform periklanan terbesar untuk blogger dan penerbit. Bertindak sebagai perantara antara Anda dan pengiklan, Google mengizinkan pengiklan untuk menawar kata kunci yang cocok dengan konten Anda. Dengan cara ini Anda mendapatkan harga terbaik untuk iklan.

2. Afiliasi Pemasaran

Afiliasi pemasaran adalah strategi monetisasi yang paling umum untuk blogger. Pada dasarnya, Anda merekomendasikan produk/layanan favorit Anda kepada pembaca Anda dan ketika mereka melakukan pembelian, Anda mendapatkan komisi rujukan.

Kunci pemasaran afiliasi adalah merekomendasikan produk dan layanan berkualitas yang sudah Anda gunakan dan percayai. WordPress memiliki banyak plugin dan alat pemasaran afiliasi untuk membantu Anda mendapatkan lebih banyak uang dengan mempromosikan produk afiliasi. Kami sangat merekomendasikan menggunakan PrettyLinks atau ThirstyAffiliates.

Baca panduan pemasaran afiliasi langkah demi langkah yang lengkap untuk pemula untuk membantu Anda mulai memilih program dan strategi afiliasi yang tepat untuk memonetisasi blog Anda hari ini.

3. Online Store

Banyak blogger menghasilkan uang dengan menjual barang langsung dari blog mereka. Ini bisa berupa produk fisik, unduhan digital seperti e-book, karya seni, musik, dan lainnya. Beberapa blogger bahkan menawarkan layanan konsultasi.

Kami merekomendasikan menggunakan WooCommerce karena ini adalah plugin eCommerce terbaik untuk WordPress. Ini juga merupakan platform belanja online yang paling banyak digunakan di dunia.

Baca petunjuk langkah demi langkah tentang cara mudah membuat toko online dengan WordPress.

Beberapa blogger tidak ingin repot membuat toko untuk menjual produk mereka, jadi mereka membuat toko afiliasi Amazon yang memungkinkan mereka menjual produk orang lain di Amazon dan mendapatkan komisi.

Selain ketiga metode di atas, Anda dapat melakukan lebih banyak hal dengan blog WordPress Anda. Anda dapat membuat blog WordPress khusus untuk ulasan, blog mode, blog makanan, resep, dan lainnya. Semua jenis blog ini memberi Anda peluang unik untuk menghasilkan uang.

Anda juga dapat mengubah blog Anda menjadi website keanggotaan yang menawarkan konten dan kursus berkualitas tinggi. Kami memiliki panduan langkah demi langkah untuk membuat dan menjual kursus online menggunakan WordPress.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

Di bawah ini adalah jawaban atas pertanyaan umum tentang blogging.

Bisakah saya memulai blog tanpa WordPress?

Ya, ada beberapa platform blogging lagi yang tersedia. Kami telah membandingkan semuanya dan WordPress sejauh ini merupakan solusi pembuatan website terbaik di pasar untuk blogging dengan kepemilikan dan kebebasan penuh.

Bisakah saya memulai blog tanpa hosting?

Tidak, itu tidak mungkin. Web hosting adalah tempat file website Anda disimpan. Semua website memerlukan hosting web. Untuk memulai sebuah blog, Anda memerlukan nama domain dan hosting web Anda sendiri.

Bagaimana menemukan nama blog yang bagus untuk website Anda?

Sebagian besar nama blog pribadi dinamai menurut nama penulisnya. Blog lain diberi nama sesuai topik atau bidang tempat mereka berada.

Apa niche terbaik untuk sebuah blog?

Memilih niche yang tepat untuk blog Anda memudahkan pembuatan konten yang menarik dan menghasilkan lebih banyak uang secara online.

Berapa biaya untuk memulai sebuah blog?

Harga tergantung pada add-on yang dibeli. Kami memiliki panduan lengkap tentang berapa biaya wesite WordPress dan tips untuk menghemat uang.

→ Klik di sini untuk biaya website wordpress

Bisakah saya membuat blog tanpa sepengetahuan orang tua saya?

Ya. Anda dapat menjadikan blog WordPress Anda pribadi dan menyembunyikannya dari internet.

Dapatkah saya memulai blog WordPress dan menghasilkan uang dengan Google Adsense?

Ya, Anda dapat menggunakan blog WordPress Anda untuk menghasilkan uang dengan Google AdSense. Dengan syarat blog Anda harus ramai oleh pengunjung dan trafik tinggi.

Bagaimana cara membuat blog dan tetap anonim?

Jika Anda ingin blog terbuka untuk umum tetapi ingin tetap anonim, Anda perlu memastikan nama domain Anda dilindungi WHOIS. Seringkali orang menggunakan nama samaran/nama panggilan untuk menandatanganinya. Anda juga harus membuat email unik untuk blog Anda. Tak perlu dikatakan, jangan memposting gambar Anda atau apa pun di blog.

Bagaimana Cara Menambahkan Podcast ke Blog WordPress Anda?

WordPress memudahkan untuk membuat blog dan menambahkan podcast. Gunakan plugin Podcast

Dapatkah saya membuat blog dalam bahasa saya?

Ya, Anda dapat menggunakan WordPress dalam bahasa lain. Anda dapat memilih bahasa selama instalasi atau di halaman Pengaturan di area admin WordPress. WordPress telah sepenuhnya diterjemahkan ke lebih dari 56 bahasa dan sebagian diterjemahkan ke dalam lusinan bahasa lain.

Banyak tema dan plugin WordPress paling populer juga tersedia dalam berbagai bahasa. Anda juga dapat menerjemahkan tema atau plugin yang ingin Anda gunakan di website Anda.

Bagaimana cara membuat blog dalam beberapa bahasa?

Ingin memulai blog dalam bahasa Hindi, Spanyol, atau beberapa bahasa?instal plugin wpml atau polylang.

Bisakah saya mendesain blog tanpa keahlian coding?

Sangat bisa. Anda tidak memerlukan keahlian pemrograman, pengkodean, atau desain untuk membuat blog WordPress profesional.

Tema WordPress mudah disesuaikan dan Anda dapat mengarahkan dan mengklik untuk menyesuaikan tema Anda. Ada tema WordPress seperti Astra yang memiliki website starter siap pakai yang dapat Anda impor dengan satu klik.

Ada tema kuat lainnya seperti Divi yang menawarkan opsi drop and down penuh untuk menyesuaikan blog Anda.

Selain itu, ada pembuat halaman drag-and-drop yang kuat seperti Elementor dan WPBakery builder yang bekerja dengan tema WordPress apa pun. Anda dapat menggunakannya untuk drag and drop item serta mendesain halaman Anda dengan mudah.

Anda bahkan dapat membuat tema kustom Anda sendiri tanpa menulis kode apa pun.

Dapatkah saya menambahkan galeri foto ke blog saya?

Ya, WordPress memiliki fitur galeri bawaan yang memungkinkan Anda menambahkan galeri foto dengan mudah ke postingan blog Anda.

Fotografer profesional juga dapat menggunakan plugin galeri WordPress premium untuk menampilkan foto mereka dengan lebih baik dan bahkan menjual foto untuk memonetisasi bisnis fotografi mereka.

Bagaimana cara membuat alamat email profesional untuk blog Anda?

Jika Anda serius dengan blog Anda, kami sarankan Anda membuat alamat email bisnis Anda dengan menggunakan nama domain website Anda.

Semua blogger sukses menggunakan alamat email profesional untuk menonjol dan mendapatkan penawaran afiliasi yang lebih baik untuk mengembangkan blog mereka.

Subscribe To Our Newsletter

Dapatkan berita dan penawaran seputar Dunia Digital

Ingin memiliki website sendiri?

Kami siap membantu untuk mengelola website profesional Anda