Search
Close this search box.
Jasa Pembuatan Website, SEO & Digital Marketing - Wiselyproject

Mempekerjakan Web Developer

Mempekerjakan Web Developer

Share This Post

Web Developer. Saat ini, sebagian besar bisnis menginginkan website. Beberapa sudah memilikinya. Yang lain menginginkannya. Mereka tidak ingin mempekerjakan staf IT dan mungkin tidak mampu membayarnya. Dan dalam kebanyakan kasus, staf IT internal, terutama untuk bisnis kecil biasa tidak diperlukan.

Tapi, itu bukan berarti Anda tidak bisa memiliki website. Anda dapat menyewa web developer/web designer untuk membuat website profesional untuk Anda, mengaturnya, lalu menyerahkannya kepada Anda untuk melakukan apa yang Anda inginkan dengannya.

Cara Memilih Web Developer

Tapi, bagaimana Anda harus mencari seseorang untuk melakukan ini? apa yang harus kamu cari? Ada ribuan perusahaan/individu di luar sana yang menawarkan untuk mengerjakan website. Bagaimana cara memilih web developer?

Apa yang kamu inginkan?

Langkah pertama adalah memutuskan dengan tepat apa yang Anda inginkan di website Anda. Ini sangat penting karena akan menentukan apa persyaratannya dan, pada gilirannya, keahlian apa yang dibutuhkan web developer untuk memenuhi kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa pertanyaan untuk ditanyakan pada diri sendiri:

  • Jenis informasi apa yang ingin Anda miliki di website Anda? Kira-kira seberapa besar Anda membayangkan website (# halaman)?
  • Apakah website Anda memerlukan pembaruan rutin? Apakah Anda ingin melakukan pembaruan ini sendiri?
  • Apakah Anda akan terlibat dalam e-commerce di situs web ini?
  • Apakah Anda memerlukan database?

Mulailah Dengan Pencarian

Melakukan pencarian web developer untuk mengerjakan website Anda, maka akan ada daftar pilihan yang sangat banyak. Rujukan sering kali merupakan metode terbaik untuk memulainya. JIKA seseorang merekomendasikan web developer, itu karena mereka senang dengan layanan yang diberikan. Jadi, jika seseorang merekomendasikan pengembang web kepada Anda, Anda harus memeriksa pengembang web itu dan melihat apakah mereka memiliki keterampilan yang Anda perlukan dari mereka.

Seringkali, web developer yang Anda pertimbangkan tidak berlokasi di kota Anda. Ya, ada beberapa contoh di mana pertemuan tatap muka benar-benar bermanfaat, dan jika Anda adalah tipe orang yang benar-benar menganggap pertemuan ini penting, Anda harus membatasi pencarian Anda ke pengembang web yang ber jarak jauh dari lokasi Anda. Jika jarak jauh tidak masalah, Anda dapat berkomunikasi melalui video call, telephone dan alat komunikasi lainnya.

Hal pertama yang harus dilakukan ketika mempertimbangkan pengembang adalah memeriksa website mereka.

  • APAKAH website didesain dengan baik dan menarik?
  • Apakah mudah dinavigasi?
  • Apakah ada link yang rusak?
  • Apakah informasi lengkap (tentang, lokasi perusahaan, metode kontak, dll.)?
  • Apakah situs dimuat dengan cepat?
  • APAKAH ada portofolio? (Sangat penting. Seorang pengembang tanpa portofolio untuk ditampilkan adalah tanda tanya total. Anda sama sekali tidak tahu apakah orang-orangnya baik atau tidak).
  • Keterampilan apa yang dimiliki web developer? Apakah mereka hanya melakukan desain, atau dapatkah mereka melakukan pengembangan web dinamis dan desain database? Seseorang yang berpengalaman dalam pengembangan website harus tahu tidak hanya tentang membuat website, tetapi juga memeliharanya, memasarkannya, dan mempromosikannya. Idealnya, seorang pengembang web telah berhasil melakukan semua hal di atas di websitenya sendiri.
  • Apakah website menawarkan testimonial pelanggan? Baca mereka.
  • Seberapa cepat Anda membutuhkan pekerjaan itu?
  • Berapa anggaran Anda?

Freelancer vs. Perusahaan Besar

Anda perlu memutuskan apakah Anda ingin bekerja dengan perusahaan desain web besar atau perusahaan web freelencer (atau bahkan pengembang web tunggal). Ada lebih banyak keamanan untuk klien ketika bekerja dengan perusahaan yang lebih besar.

Keterampilan yang mereka tawarkan sangat bervariasi karena staf mereka sangat banyak, dan mereka sering kali memiliki portofolio yang sangat banyak. Namun, peringatannya adalah bahwa perusahaan web besar sering kali mengenakan biaya lebih banyak.

Biaya overhead untuk perusahaan semacam itu lebih besar, sehingga mereka akan mengenakan biaya lebih banyak. Selain itu, perusahaan web yang lebih besar sering kali datang dengan lebih banyak birokrasi. Dengan begitu banyak pengembang, seringkali komunikasi tidak seperti yang seharusnya, yang menyebabkan inkonsistensi dalam proyek karena miskomunikasi.

Juga, kadang-kadang Anda akan menemukan bahwa perusahaan-perusahaan ini terlalu memperhatikan proses daripada sekadar menyelesaikan pekerjaan.

Pengembang web freelancer menawarkan nilai uang yang lebih baik, dan karena mereka adalah satu orang, aliran komunikasi antara mereka dan klien biasanya jauh lebih baik (satu lawan satu). Jika ada staf, biasanya ukurannya kecil, artinya komunikasi akan tetap terjalin lebih erat.

Ini akan mengarah pada pengkodean dan koordinasi yang lebih konsisten. Juga, Anda tahu siapa yang bertanggung jawab atas proyek Anda dan ada lebih banyak akuntabilitas. Di perusahaan besar, tidak ada yang bertanggung jawab dalam beberapa kasus.

Kelemahan dari freelance adalah bahwa keahlian mereka adalah keahlian mereka, dan jika Anda membutuhkan sesuatu yang mereka tidak tahu bagaimana melakukannya, mereka harus menelitinya.

Juga, freelancer dibatasi oleh ukuran mereka. Jika mereka sudah memiliki beban kerja yang tinggi, maka keseluruhan pekerjaan mereka terbatas dan mungkin memaksa Anda untuk menunggu. Jadi, tergantung pada ukuran proyek Anda, perusahaan besar mungkin menjamin pekerjaan selesai dengan cepat.

Tarif dan Pedoman

Lihat tarif web developer. Seringkali, Anda tidak akan menemukan tarif yang langsung diposting di website mereka. Ini biasanya karena mereka suka melakukan sesuatu dengan perkiraan, jadi cukup hubungi mereka, beri mereka beberapa spesifikasi, dan bolak-balik sampai Anda mendapatkan angka rata-rata.

Saat mendapatkan perkiraan, pastikan detail dan tepat. Ajukan pertanyaan apa pun yang Anda miliki. Jika menurut Anda harganya terlalu tinggi, tanyakan kepada mereka. Jangan takut untuk melakukan penawaran balik. Mereka selalu bisa menolak.

Lihat kontrak pengembang web. Pastikan klien terlindungi. Perhatikan jaminan waktu respons. Anda ingin memastikan pengembang web Anda tersedia untuk Anda. Juga, cari kebijakan mereka tentang perubahan proyek.

Jelas, Anda tidak dapat mengubah spesifikasi proyek Anda setelah perkiraan disetujui tanpa mengharapkan biaya tambahan. Tanyakan kepada mereka tentang hal ini. Juga, periksa kontrak untuk jaminan pekerjaan. Siapa yang akan mereka tangani, bug dalam pekerjaan yang telah mereka lakukan?

Bicara Dengan Mereka

Setiap web developer harus memiliki metode untuk dihubungi melalui telepon. Hubungi mereka dan ukur kepribadian mereka. Pastikan mereka adalah orang-orang baik yang dapat Anda ajak bicara dan melontarkan ide.

Lihat apakah mereka memperlakukan Anda dengan benar atau bertindak seolah-olah mereka hampir tidak punya waktu untuk Anda. Komunikasi yang baik sangat penting untuk proyek yang sukses, dan jika Anda tidak dapat berkomunikasi dengan baik dengan pengembang Anda, Anda tidak boleh mempekerjakannya.

Evaluasi

Evaluasi pengembang potensial Anda menggunakan saran di atas dan kemungkinan besar Anda akan berhasil menyelesaikan proyek.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Website Yang Efisien

Subscribe To Our Newsletter

Dapatkan berita dan penawaran seputar Dunia Digital

Ingin memiliki website sendiri?

Kami siap membantu untuk mengelola website profesional Anda